Implementasi Pengelolaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat di Desa Gunung Salak Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan

  • Ni Luh Kade Suariani STISIP Margarana Tabanan
  • A. A. Nyoman Sri Wahyuni STISIP Margarana Tabanan
Keywords: Implementasi, Pengelolaan, Dana Desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengelolaan dana desa dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat di Desa Gunung Salak Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan.

                Subyek penelitian ini adalah implementasi pengelolaan dana desa dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat di Desa Gunung Salak Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan.

Data dikumpulkan dengan teknik pengamatan, teknik wawancara dan teknik dokumentasi dan data dianalisis dengan cara sederhana dengan memakai metode deskrptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi/pelaksanaan Pengelolaan Dana Desa di Desa Gunung Salak Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan telah dilaksanakan berdasarkan aturan pemerintah dan anggarannya telah disesuaikan dengan APBDes yang telah di susun oleh Pemerintah Desa, (2)  Implementasi Pengelolaan Dana Desa dari APBN dilakukan dalam kegiatan pembangunan desa dan kegiatan pemberdayaan masyarakat sehingga hal tersebut berdampak baik bagi meningkatnya taraf hidup masyarakat Desa Gunung Salak. (3) Hambatan pengelolaan secara umum adalah pengerjaan proyek sangat bergantung pada cuaca terutama proyek pembangunan desa seperti pengadaan/perbaikan jalan. (4) Dampak positif pengelolaan Dana Desa adalah dapat memajukan perekonomian di desa yang langsung dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, dan dampak negatifnya adalah banyak kemunculan kecemburuan sosial terutama antar kelompok desa, karena jumlah bantuan yang diberikan berbeda sesuai dengan produktifitas kelompok.

Published
2022-01-23
How to Cite
Suariani, N. L., & Wahyuni, A. A. N. (2022). Implementasi Pengelolaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat di Desa Gunung Salak Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan. Widyanata, 18(2), 72 - 84. https://doi.org/10.54836/widyanata.v18i2.789
Section
Articles
Abstract viewed = 20 times
downloaded = 7 times