https://ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/issue/feed Widyanata 2024-02-02T02:58:12+00:00 Sri Sulandari sri.fisipunr@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Homaniora Univeristas Ngurah Rai</p> https://ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/1147 ANALISIS DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI DINAS SOSIAL PROVINSI BENGKULU 2024-01-23T15:38:48+00:00 Rifqi Fakhriansyah rifqifakhriansyah@gmail.com Kahar Hakim kaharhakim@gmail.com Jatmiko Yogopriyatno jyogop@unib.ac.id <p class="HEADING1" style="text-align: justify; line-height: normal;"><span lang="IN" style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Arial',sans-serif; font-weight: normal;">Penulisan Laporan Tugas Akhir ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan Analisis Disiplin Kerja Pegawai Di Dinas Sosial Provinsi Bengkuluā€¯. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Disiplin Kerja Pegawai Di Dinas Sosial Provinsi Bengkulu. Dengan batasan penelitian berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan prosedur analisis data. Sembilan pegawai Dinas Sosial Provinsi Bengkulu menjadi informan sekaligus. Temuan penelitian ini didasarkan pada pembatasan (a). Datang ke tempat kerja dan mematuhi aturan jam kerja umumnya sangat baik, tetapi beberapa karyawan masih kesulitan untuk melapor kerja pada waktu yang ditentukan. Mungkin ada penyebab khusus untuk ini, jadi penting untuk mengidentifikasinya (b).Memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah hal yang mutlak benar; dalam skenario ini, pejabat sipil harus memberikan pelayanan yang baik dan akurat. Pegawai telah menjaga barang milik Negara dengan menjaga dan memeliharanya sebaik mungkin untuk mencegah terjadinya kerugian, yang dapat diterima apabila memanfaatkan dan memelihara barang tersebut dengan sebaik-baiknya. </span></p> 2023-09-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/1149 ANALISIS PROSES PENYUSUNAN RENCANA KERJA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA PROVINSI BENGKULU 2024-01-23T15:39:10+00:00 Cindy Nur Permata Sari Cindynurpermatasari@gmail.com Suratman . suratman@unib.ac.id Jatmiko Yogopriyatno jyogop@unib.ac.id I Made Artayasa made.artayasa@gmail.com <p>Perencanaan pembangunan perlu dibuat agar cita-cita dari suatu daerah dapat tercapai dengan baik. Untuk itu penelitian ini kemudian bertujuan mengetahui proses penyusunan rencana kerja pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Aspek penelitian berpedoman pada teori proses perencanaan yang dikemukakan oleh Handoko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek menetapkan tujuan dan serangkaian tujuan diketahui dalam menetapkan keputusan tentang keinginan dinas, hal yang dilakukan adalah mengajukan usulan kepada pemerintah. Kemudian dalam menetapkan keputusan terkait kebutuhan organisasi dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah serta surat keputusan gubernur. Pada aspek merumuskan keadaan saat ini diketahui identifikasi pemahaman akan posisi organisasi saat ini dari tujuan yang hendak dicapai dilakukan dengan cara memahami dengan baik peraturan pemerintah, visi dan misi dinas, melakukan tugas dan fungsi bidang. Kemudian mengenai identifikasi pemahaman dinas akan posisi organisasi dan sumber daya yang tersedia diketahui bahwa saat ini sumber daya manusia serta fasilitas yang ada di dinas rata-rata sudah cukup baik. Pada aspek mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan, diketahui bahwa pada faktor lingkungan internal kemudahan yang dimiliki dinas adalah SDM yang baik, kemudian hambatan yang dimiliki dapat diatasi dengan. Kemudian pada faktor lingkungan eksternal yang menjadi kemudahan serta hambatan adalah antusiasme masyarakat. Pada aspek mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan, dalam melakukan pengembangan berbagai alternatif kegiatan untuk pencapaian tujuan dilakukan berdasarkan dengan visi, misi dan juga strategi yang sudah disusun oleh dinas. Pihak yang terlibat dalam pembuatan perencanaan adalah Bappeda, biro keuangan dan biro administrasi. Lalu, dalam melakukan penilaian alternatif kegiatan didasarkan pada kegiatan yang bersifat memajukan serta mensejahterakan masyarakat. Lalu, melakukan pemilihan alternatif terbaik dilakukan berdasarkan pada anggaran serta prioritas yang ada pada tahun tersebut.</p> 2023-09-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/1150 EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI IBU HAMIL DAN BAYI BARU LAHIR DI PUSKESMAS KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMI KABUPATEN LAHAT 2024-01-23T15:39:28+00:00 Zarah Wiranti Zarahwiranti99@gmail.com Suratman . suratman@unib.ac.id Jatmiko Yogopriyatno jyogop@unib.ac.id <p class="HEADING1" style="margin-top: 12.0pt; text-align: justify; line-height: normal;"><span lang="IN" style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Arial',sans-serif; font-weight: normal;">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir di Puskesmas Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekskriptif kualitatif dan tipe penelitian menggunakan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, informan sebanyak 4 orang yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu : reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan dengan informan bidan, perawat, ibu hamil dan ibu bayi baru lahir. Penelitian ini menggunakan aspek penelitian yaitu kualitas pelayanan, kuantitas pelayanan, dan waktu pelayanan. Diperoleh bahwa, Kualitas pelayanan termasuk sangat efektif karena dimana pelayanan yang dilakukan tenaga medis selalu berpedoman pada SOP yang telah di tetapkan dalam pelayanan kesehatan ibu hamil dan bayi baru lahir di Puskesmas Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat serta kesopanan dan keramahan antara perawat dan pasien sudah diterapkan dengan baik. Kuantitas pelayanan untuk pasie ibu hamil sudah sangat efektif karena ibu hamil telah memahami pentingnya pemeriksaan selama masa kehamilan agar ibu hamil dapat mengetahui perkembangan bayi dalam kandungannya serta resiko yang akan terjadi nanti. Sedangkan Kuantitas pelayanan untuk bayi baru lahir masih kurang efektif karena beberapa ibu hamil memilih untuk melahirkan di rumah sakit dari pada di puskesmas. Waktu pelayanan pasien sudah termasuk cukup efektif karena Puskesmas Kecamatan Tanjung Sakti Pumi telah menggunakan antrian elektronik untuk pemeriksaan pasien ibu hamil dan pemeriksaan lainnya. Kemudian untuk waktu pelayanan bayi baru lahir juga sudah cukup efektif karena pelayanan dilakukan oleh bidan yang professional. </span></p> 2023-09-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/1151 EVALUASI PROGRAM REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI PASCA BENCANA DI KABUPATEN KEPAHIANG 2024-02-02T02:58:12+00:00 Muhammad Rifqi Al-Zuhdi mrifqialzuhdi317@gmail.com Kahar Hakim kaharhakim@unib.ac.id Jatmiko Yogopriyatno jyogop@unib.ac.id I Made Artayasa made.artayasa@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Kabupaten Kepahiang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Aspek penelitian diadopsi dari Wayne Parsons yaitu menilai evaluasi dari dua sisi yakini output dan outcome. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek output, telah terealisasi 10 program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca benacana di Kabupaten Kepahiang, keterlaksanakan program yang sesuai dengan SOP, anggaran yang hampir 100% terealisasikan, namun untuk SDM dan fasilitas masih tergolong kurang, masih minimnya SDM baik dari segi kualitas maupun kuantitas sementara, untuk Outcome sudah menunjukkan respon yang baik dari masyarakat dengan program-program yang sudah mampu membantu masyarakat dalam beraktivitas pasca bencana dan partsipasi masyarakat terlihat dari aktivitas gotong royong, namun untuk pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk ikut serta secara aktip dalam upaya penyelenggaraan penanganan bencana termasuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana tergolong masih rendah. Adapun rekomendasi untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepahiang agar menambah dan melatih SDM yang ada, menambah sarana prasarana, mengadakan sosialisai terkait pemahaman masyarakat terhadap penanganan bencana guna menambah pemahaman masyarakat dan menjalin kerja sama dengan mitra swasta dalam program rehabilitasi dan rekonstruksi Pasca Bencana di Kabupaten Kepahiang.</p> 2023-09-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/1152 KINERJA APARATUR KECAMATAN DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU PROVINSI BENGKULU 2024-01-23T15:40:04+00:00 Teri Marta Dinata terimarta@gmail.com Suratman . suratman@unib.ac.id <p class="HEADING1" style="text-align: justify; line-height: normal;"><span lang="IN" style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Arial',sans-serif; font-weight: normal;">Pelayanan publik yang efektif dan efisien merupakan elemen kritis dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja aparatur kecamatan dalam pelayanan publik dengan fokus pada aspek kuantitas, kualitas dan ketetapan waktu pelayanan yang diberikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi partisipatif sebagai instrumen utama pengumpulan data. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi untuk mengidentifikasi pola dan temuan kunci terkait dengan kinerja aparatur kecamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya yang diimplementasikan untuk meningkatkan pelayanan publik, kinerja aparatur kecamatan masih menghadapi beberapa tantangan. Kecepatan dalam penyelesaian permohonan masih di bawah standar yang diharapkan, dan proses administratif yang rumit sering kali menjadi hambatan bagi masyarakat. Selain itu, terdapat masalah akurasi data yang mempengaruhi ketepatan dan keandalan pelayanan yang diberikan. Namun, penelitian ini juga mengungkapkan beberapa praktik terbaik dan inisiatif positif yang telah dilakukan oleh aparatur kecamatan untuk meningkatkan kinerjanya. Responsivitas mereka dalam menanggapi masalah dan keluhan masyarakat telah diakui secara positif, dan beberapa langkah inovatif telah diambil untuk memperbaiki kualitas pelayanan, seperti pelatihan dan pengembangan staf. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini merekomendasikan adanya langkah-langkah perbaikan yang lebih lanjut, termasuk peningkatan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi aparatur, penyederhanaan prosedur administratif untuk mempercepat pelayanan, serta memperkuat sistem pengawasan dan evaluasi kinerja. Implementasi langkah-langkah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kecamatan. </span></p> 2023-09-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/1154 ANALISA KEGIATAN PELAYANAN DI RUANG HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SANJIWANI GIANYAR KABUPATEN GIANYAR PROVINSI BALI 2024-01-28T12:23:03+00:00 I Made Darma Yuda madedarmayuda5@gmail.com I Wayan Astawa wayan.astawa@gmail.com Putu Surya Wedra Lesmana putuweda@gmail.com Cok Gde Agung Kusuma Putra cok.gde@gmail.com <p>Pelayanan merupakan suatu kegiatan atau interaksi secara langsung untuk membantu, menyiapkan serta mengurus apa yang diperlukan orang lain yang dapat ditunjukan oleh sumber daya manusia dan sarana prasarana yang dimiliki, yang dalam penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien yang melakukan cuci darah di ruangan hemodialisis RSUD Sanjiwani, Gianyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kegiatan penanganan pasien yang datang ke Ruangan Hemodialisis Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar, untuk mengetahui kendala pelayanan di Ruang Hemodialisis Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran data <em>online</em>.</p> <p>Hasil penelitian adalah dalam memberikan pelayanan di Ruang Hemodialisa RSUD Sanjiwani Gianyar dibedakan berdasarkan jenis pasien, jenis jaminan yang digunakan dan dalam memberikan pelayanan yang baik Ruang Hemodialisa RSUD Sanjiwani Gianyar sudah menyediakan sarana dan prasarana yang baik, bertanggung jawab kepada pasien sejak awal hingga selesai, memberikan pelayanan secara cepat dan tepat, mampu berkomunikasi dengan baik, memberikan jaminan kerahasiaan setiap transaksi, memiliki pegawai yang berpengetahuan serta kemampuan yang baik, dapat memahami kebutuhan pelanggan, memberikan kepercayaan pelanggan, dan memiliki karyawan yang baik dari segi sikap, namun dari jumlah pegawai belum dapat dikatakan baik karena masih menjadi kendala dalam memberikan pelayanan. Kendala dalam memberikan pelayanan di Ruang Hemodialisa RSUD Sanjiwani Gianyar yaitu Pengambilan cuti panjang oleh salah satu petugas dan pasien tidak melengkapi berkas administrasi.</p> 2023-09-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##