TIPE KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA INSTANSI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TABANAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses meningkatkan kinerja pegawai melalui tipe kepemimpinan di Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan dengan menganalisis tipe kepemimpinan otokratis, kharismatik, dan tipe kepemimpinan demokratis.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sebagai key informan adalah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan. Para Informan dan responden adalah pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan. Data yang dikumpulkan dengan wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi.Analisis data dengan analisis Deskriptif, dengan proses analisis dimulai sejak sebelum penelitian dilapangan, saat penelitian dilapangan dan setelah penelitian dilapangan.Pengukuran besar peningkatan kinerja pegawai menggunakan Rating scale, yaitu penafsiran berupa angka, kedalam pengertian kualitatif. Hasil analisis yaitu (1) Peningkatan kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, menurut persepsi 16 orang responden sebesar 956 : 1.152 x 100% = 82,99% dari yang diharapkan. (2) Tipe Kepemimpinan Otokratis pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan = 315 : 384 x 100% = 82.01% dari yang diharapkan, kemudian tipe kepemimpinan kharismatik = 320 : 384 x 100% = 83,33% dari yang diharakan.SedangkanTipe Kepemimpinan yang paling unggul yaitu demokratis dengan perhitungan = 321 : 384 x 100% = 83,59% dari yang diharapkan.