PROFESIONALISME PEMANDU DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KUNJUNGAN ISTURA PADA ISTANA KEPRESIDENAN TAMPAKSIRING BALI

  • Dewa Gede Arimbawa
Keywords: Profesionalisme, Pelayanan, Kunjungan Istura

Abstract

Profesionalisme sangat ditentukan oleh kemampuan seseorang atau individu dalam melakukan suatu pekerjaan menurut bidang tugas dan tingkatannya masing-masing. Hasil dari pekerjaan itu lebih ditinjau dari segi sesuai porsi, objek, bersifat terus menerus dalam situasi dan kondisi yang bagaimanapun serta jangka waktu penyelesaian pekerjaan yang relatif singkat. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Parasuraman (2001) yang menyatakan 5 indikator pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profesionalisme pemandu dalam meningkatkan pelayanan kunjungan istura pada Istana Kepresidenan Tampaksiring Bali telah berjalan dengan baik sesuai dengan hasil analisis menggunakan Teori Pelayanan. Tetapi masih perlu dilakukan beberapa evaluasi, hal itu karena dari 5 indikator terdapat 1 indikator pelayanan yang harus dievaluasi yaitu perlunya penambahan sarana kebersihan sehingga tidak mengganggu kebersihan sebagai salah satu bentuk pendukung pelayanan. Sedangkan 4 indikator yang telah memenuhi yaitu adanya pemandu yang telah memiliki keterampilan dalam memandu, memandu dengan baik sehingga mudah dimengerti, memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk bertanya serta memperhatikan kebutuhan informasi dari pengunjung. Kendala dari profesionalisme pemandu dalam meningkatkan pelayanan kunjungan istura pada Istana Kepresidenan Tampaksiring Bali adalah masih kurangnya jumlah pemandu dan masih kurangnya kemampuan pemandu dalam berbahasa asing.

Published
2021-06-22
How to Cite
Arimbawa, D. (2021). PROFESIONALISME PEMANDU DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KUNJUNGAN ISTURA PADA ISTANA KEPRESIDENAN TAMPAKSIRING BALI. Jurnal Widyanata, 18(1), 12 - 20. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/563
Section
Articles
Abstract viewed = 17 times
downloaded = 12 times