ANALISIS SISTEM PELAYANAN PADA APKILASI “SEDUDO”DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NGANJUK
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana implementasi sistem pelayanan pada apliksi “SEDUDO” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk. Penelitan ini fokus membahas tentang implementasi sistem layanan SEDUDO, kendala yang umumnya dihadapi oleh pengguna ketika menggunakan SEDUDO, dan upaya penanggulangan terhadap masalah-masalah tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan peristiwa dan fenomena di lapangan serta menyajikan data dengan cara yang sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta- fakta atau fenomena yang terjadi. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mencakup tiga komponen, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat mengalami kendala ketika mengajukan administrasi kependudukan secara online. Keterbatasan jumlah staf yang menangani pengajuan online menyebabkan penumpukan permohonan dalam sistem, mengakibatkan lambatnya proses pengajuan administrasi kependudukan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan proses pelayanan agar lebih efisien dan lebih cepat dengan menambah jumlah staf yang kompeten dalam mengelola sistem online atau melakukan manajemen pembagian tugas yang seimbang antara penanganan online dan offline.