ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN INOVASI SIPADEK DI DPMPTSP KOTA BENGKULU

  • A. Adityaprastio Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Bengkulu
  • Jatmiko Yogopiyatno Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Bengkulu
  • Abdul Aziz Zulhakim Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu

Abstract

Penelitian Penanaman ini Pelayanan mengkaji Modal Perizinan tingkat dan Pelayanan kepuasan Daerah TKito masyarakat erpadu (SIPSatu ADEK) terhadap Pintuyang (DPMPTSP) inovasi dikelola Sistem Kota oleh Bengkulu. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, memfokuskan pada sembilan aspek pelayanan: persyaratan, sistem/prosedur, waktu penyelesaian, biaya/tarif, spesifikasi produk, kemampuan pelaksana, perilaku pelaksana, sarana/prasarana, dan penanganan pengaduan. Data survei dianalisis menggunakan SPSS dan Excel untuk menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tingkat kepuasan pengguna layanan. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi pemohon tentang waktu penyelesaian perizinan sering kali lebih cepat dari kenyataan karena standar pelayanan yang tidak konsisten dan kurangnya pemahaman tentang standar tersebut. Studi ini juga mengungkapkan bahwa meskipun kualitas pelayanan publik di Kota Bengkulu meningkat secara umum berkat inovasi digital, masih ada tantangan terkait waktu tunggu dan spesifikasi
produk layanan yang perlu ditangani. Temuan ini berguna bagi lembaga pemerintah untuk memperbaiki dan mengembangkan inovasi digital dalam pelayanan publik.

Published
2024-03-30
How to Cite
Adityaprastio, A., Yogopiyatno, J., & Zulhakim, A. (2024). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN INOVASI SIPADEK DI DPMPTSP KOTA BENGKULU. Widyanata, 21(1), 26-36. https://doi.org/10.54836/widyanata.v21i1.1318
Section
Articles
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 10 times