ANALISA KEGIATAN PELAYANAN DI RUANG HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SANJIWANI GIANYAR KABUPATEN GIANYAR PROVINSI BALI

  • I Made Darma Yuda Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Ngurah Rai
  • I Wayan Astawa Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Ngurah Rai
  • Putu Surya Wedra Lesmana Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Cok Gde Agung Kusuma Putra Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Ngurah Rai
Keywords: Pelayanan, Hemodialisi

Abstract

Pelayanan merupakan suatu kegiatan atau interaksi secara langsung untuk membantu, menyiapkan serta mengurus apa yang diperlukan orang lain yang dapat ditunjukan oleh sumber daya manusia dan sarana prasarana yang dimiliki, yang dalam penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien yang melakukan cuci darah di ruangan hemodialisis RSUD Sanjiwani, Gianyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kegiatan penanganan pasien yang datang ke Ruangan Hemodialisis Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar, untuk mengetahui kendala pelayanan di Ruang Hemodialisis Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran data online.

Hasil penelitian adalah dalam memberikan pelayanan di Ruang Hemodialisa RSUD Sanjiwani Gianyar dibedakan berdasarkan jenis pasien, jenis jaminan yang digunakan dan dalam memberikan pelayanan yang baik Ruang Hemodialisa RSUD Sanjiwani Gianyar sudah menyediakan sarana dan prasarana yang baik, bertanggung jawab kepada pasien sejak awal hingga selesai, memberikan pelayanan secara cepat dan tepat, mampu berkomunikasi dengan baik, memberikan jaminan kerahasiaan setiap transaksi, memiliki pegawai yang berpengetahuan serta kemampuan yang baik, dapat memahami kebutuhan pelanggan, memberikan kepercayaan pelanggan, dan memiliki karyawan yang baik dari segi sikap, namun dari jumlah pegawai belum dapat dikatakan baik karena masih menjadi kendala dalam memberikan pelayanan. Kendala dalam memberikan pelayanan di Ruang Hemodialisa RSUD Sanjiwani Gianyar yaitu Pengambilan cuti panjang oleh salah satu petugas dan pasien tidak melengkapi berkas administrasi.

References

Amin, M., Oktarianita, O., & Elamnisa, W. 2019. Analisis Pelayanan Hemodialisa di Rumah Sakit Umum Daerah Harapan dan Doa Kota Bengkulu. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 14(3).

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Jaya

Baradero, Mery, dkk. 2008. Klien Gangguan Ginjal. Jakarta: EGC.

Brunner, L. S., & Suddarth, D. S. 2006. Medical-surgical nursing, neorology. Translated by Moshtagh Z Trans. Tehran, Iran. Salemy publication, 242-53.

Depkes RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional Indonesian Renal Registry. 2017. “Program Perkumpulan Nefrologi Indonesia”.

Fitri, Anis. M. 2017. Implementasi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien Di Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Frimayasa, A. 2017. Penerapan Pelayanan Prima Untuk Memenuhi Harapan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Pada Kelurahan Makasar, Jakarta Timur. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 179-188.

Foster, Bill dan Karen R. Seeker. 2011. Coaching Untuk Mendongkrak Kinerja Karyawan. Jakarta: PPM.

Hadiyanto, Tri dan Makinuddin. 2006. Analisis Sosial. Bandung: Yayasan Akatiga.

Hasan, I. 2009. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Harahap, M. N. 2021. Analisis Data Penelitian Kualitatif Menggunakan Model Miles dan Hauberman. MANHAJ-STAI UISU Pematangsiantar, 18(2), 2643-2653.

Karina, Ansheila. 2017. Analisis Implementasi Pelayanan di Instalasi Hemodialisa Siloam Hospital Manado.

Kasmir. 2005. Pemasaran Jasa. Jakarta: Graya Grafindo Persada

---------, 2017. Customer Service Excellent. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Khainuddin, K., Kusmanto, H., & Isnaini, I. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 22-31.

Levin, Adeera, et al. 2013. Kidney Disease: Improving Global Outcomes (KDIGO) CKD Work Group. KDIGO 2012 clinical practice guideline for the evaluation and management of chronic kidney disease. Kidney international supplements 3.1 (2013): 1-150.

Lestari, Since Rezeki. 2016. Analisis Proses Manajemen Sumber Daya Manusia Di Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit Islam Faisal Makassar Tahun 2016. Diss. UIN Alauddin Makassar.

Lungan, R. 2006. Aplikasi Statistika dan Hitung Peluang . Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, N. 2016. Pengaruh Pelayanan Koperasi Simpan Pinjam Dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha Kecil Pasar Becek Di Kabupaten Tigaraksa Propinsi Banten. Moneter-Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 3(1).

Rofiq, Ainur. 2007. Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) TerhadapPartisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi Pada Pelanggan Ecommerce Di Indonesia). Tesis. Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Malang.

Rusydi, M. 2017. Customer Excellence. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Salim, P., & Salim, Y. 2002. Pengertian Analisis. Kamus BesarBahasa Indonesia (KBBI).

Simamora, Bilson. 2003. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif & Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simanjuntak, R. D. 2017. Pelayanan Kesehatandalam Pendekatan Komunikasi Antarbudaya (Studi Fenomenologi Pelayanan Kesehatan Dokter Kepada Pasien Di Rsup H. Adam Malik Medan). Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 2(2).

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Suddarth, B. D. 2001. Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah Edisi 8. Jakarta: EGC.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

------------, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

------------, 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA.

------------, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA, CV.

Supriyanto, S., & Ernawati, M. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Edited by O. HS. Yogyakarta: Andi.

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36. 2009. Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar. 2018. “Hasil Utama Riskesdas 2018”.

Undang-Undang No.44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 340/MENKES/PER/III/2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 56 Tahun 2014 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

Published
2023-09-30
How to Cite
Yuda, I. M., Astawa, I. W., Lesmana, P. S., & Kusuma Putra, C. G. (2023). ANALISA KEGIATAN PELAYANAN DI RUANG HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SANJIWANI GIANYAR KABUPATEN GIANYAR PROVINSI BALI. Widyanata, 20(2), 90-100. https://doi.org/10.54836/widyanata.v20i2.1154
Section
Articles
Abstract viewed = 32 times
PDF downloaded = 13 times