EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI IBU HAMIL DAN BAYI BARU LAHIR DI PUSKESMAS KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMI KABUPATEN LAHAT

  • Zarah Wiranti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu
  • Suratman . Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu
  • Jatmiko Yogopriyatno Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu
Keywords: Efektivitas, Pelayanan Ibu Hamil, Bayi Baru Lahir

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir di Puskesmas Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekskriptif kualitatif dan tipe penelitian menggunakan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, informan sebanyak 4 orang yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu : reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan dengan informan bidan, perawat, ibu hamil dan ibu bayi baru lahir. Penelitian ini menggunakan aspek penelitian yaitu kualitas pelayanan, kuantitas pelayanan, dan waktu pelayanan. Diperoleh bahwa, Kualitas pelayanan termasuk sangat efektif karena dimana pelayanan yang dilakukan tenaga medis selalu berpedoman pada SOP yang telah di tetapkan dalam pelayanan kesehatan ibu hamil dan bayi baru lahir di Puskesmas Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat serta kesopanan dan keramahan antara perawat dan pasien sudah diterapkan dengan baik. Kuantitas pelayanan untuk pasie ibu hamil sudah sangat efektif karena ibu hamil telah memahami pentingnya pemeriksaan selama masa kehamilan agar ibu hamil dapat mengetahui perkembangan bayi dalam kandungannya serta resiko yang akan terjadi nanti. Sedangkan Kuantitas pelayanan untuk bayi baru lahir masih kurang efektif karena beberapa ibu hamil memilih untuk melahirkan di rumah sakit dari pada di puskesmas. Waktu pelayanan pasien sudah termasuk cukup efektif karena Puskesmas Kecamatan Tanjung Sakti Pumi telah menggunakan antrian elektronik untuk pemeriksaan pasien ibu hamil dan pemeriksaan lainnya. Kemudian untuk waktu pelayanan bayi baru lahir juga sudah cukup efektif karena pelayanan dilakukan oleh bidan yang professional.

References

Anas, L. (2021). Elfelktivitas Pelayanan Pulblik Melaluli Pelnelrapan Sistelm Pelayanan Telrpadul Satul Pintul dan Pelayanan Onlinel Pada Dinas Pelnanaman Modal dan Pelayanan Telrpadul Satul Pintul (DPMPTSP) di Kota Makassar. Skripsi.
Anggi. (2021). Elfelktivitas Pelnelrapan Sistelm Informasi Manajelmeln Pulskelsmas Dalam Pelayanan Pulblik Di Pulskelsmas Sanggar Kabulpateln Bima. Skripsi.
BPS. (2022). Kelcamatan Tanjulng Sakti Dalam Angka 2020.
Dharmayanti, I., Azhar, K., Tjandrarini, D. H., & Hidayangsih, P. S. (2019). Pelayanan Pelmelriksaan Kelhamilan Belrkulalitas Yang Dimanfaatkan Ibul Hamil Ulntulk Pelrsiapan Pelrsalinan Di Indonelsia. Julrnal Elkologi Kelselhatan, 18(1), 60– 69.
Elrika Relvinda, D. (2021). Manajelmeln Pelayanan Pulblik. Yayasan Kita Melnulis.
Hamidah. (2016). Kulalitas Pelayanan Kelselhatan Kelpada Ibul Hamil Di Pulskelsmas Kampulng Dalam Bulgis Kota Pontianak. PulblikA, 5(2)
Haryono, & Ulnisma. (2020). Elfelktivitas pelayanan kelselhatan dalam melningkatkan kelpulasan masyarakat. Julrnal Relspon Pulblik, 14(2), 24–34.
Hasanulddin. (2016). Profil Kelselhatan Kabulpateln Gowa Tahuln 2015. Dinas Kelselhatan Kabulpateln Gowa, 1–265
Hayat, S.AP., M. S. (2017). Manajelmeln Pelayanan Pulblik (F. I. Mandiri (Eld.); Eld. 1,-Cel). PT RajaGrafindo Pelrsada, Delpok.
Khairul Baria. (2019). Elfelktivitas Pelayanan Kartul Macca Di Kelcamatan Lalabata Kabupaten Soppelng. Skripsi.
Lelstari, T. R. P. (2019). Pencapaian Status Kesehatan Ibul Dan Bayi Sebagai Salah Satu Perwujudan Keberhasilan Program Kesehatan Ibu Dan Anak. Kajian, 25(1), 75–89.
M. Rahmadana, A. Mawati, N. S. et al. (2020). pelayanan publik (janner Simarmata (Ed.); 2020th ed.). Yayasan Kita Menulis.
Rendy Tumiwa, Sofia Pangemanan, El. S. (2018). Efektivitas Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas di Kecamatan Dumoga. Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1 No. 1.
Rohana, Sriatmi, & Budiyanti. (2020). Pelaksanaan Pelayanan Neonatal Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Kesehatan Bayi Barul Lahir Di Pulskesmas Dukuhseti Kabupaten Pati. 8.
Published
2023-09-30
How to Cite
Wiranti, Z., ., S., & Yogopriyatno, J. (2023). EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI IBU HAMIL DAN BAYI BARU LAHIR DI PUSKESMAS KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMI KABUPATEN LAHAT. Widyanata, 20(2), 68-74. https://doi.org/10.54836/widyanata.v20i2.1150
Section
Articles
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 9 times