PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WANGAYA KOTA DENPASAR

  • Ni Wayan Suarti Alumni Fisip Universitas Ngurah Rai
  • Ni Luh Putu Suastini Fisip Universitas Ngurah Rai
Keywords: fasilitas, kualitas pelayanan, kepuasan pasien.

Abstract

Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan tingkat lanjut diharapakan dapatcmemberikan kepuasan pada pasien. Di bidang pelayanan jasa, fasilitas yang tidak memadai, lingkungan kamar yang tidak nyaman serta kualitas pelayanan antara lain: keterlambatan pelayanan, petugas yang kurang komunikatif dan informatif, lamanya proses atau waktu tunggu layanan, aspek pelayanan ketertiban dan kebersihan lingkungan dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Kota Denpasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jumlah sampel 100 orang. Perlu dilakukan perbaikan terhadap fasilitas rumah sakit serta pelayanan rumah sakit guna meningkatkan kepuasan pasien.

Published
2020-02-03
How to Cite
Suarti, N. W., & Suastini, N. L. (2020). PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WANGAYA KOTA DENPASAR. Jurnal Widyanata, 16(01), 36-42. Retrieved from http://ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/349
Abstract viewed = 56 times
downloaded = 73 times