BEBAN LALU LINTAS DAN MEDIAN POHON TERHADAP KERUSAKAN JALAN COK GEDE RAI DI PELIATAN KABUPATEN GIANYAR

  • Putu Gede Putra Susana Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ngurah Rai
  • I Made Kariyana Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ngurah Rai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan degradasi jalan di wilayah Gianyar utara, khususnya Jalan Cok Gede Rai dan jalan memutar dari Jalan Raya Mas ke Jalan Raya Andong. Metode penelitian menggunakan analisis linier berganda untuk menetapkan model dan kondisi beban lalu lintas yang berperan dalam degradasi jalan, dengan fokus pada kerusakan median pohon di Jalan Amethyst. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor terkait beban lalu lintas signifikan dalam mempengaruhi tingkat kerusakan jalan. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel beban lalu lintas (x1) dan kondisi median pohon (x2) secara bersama-sama signifikan dalam memprediksi kerusakan jalan (y = 1357 - 0,079 x1 + 0,161 x2 + e). Uji statistik seperti Uji Parsial (uji t) menegaskan pengaruh signifikan masing-masing variabel, sedangkan Uji Anova Satu Arah Serentak (Uji F) menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara kolektif berdampak signifikan terhadap kerusakan jalan. Traffic Load memberikan kontribusi terbesar (EC = 0,079%, RC = 3%), diikuti oleh median pohon (EC = 20%, RC = 6,9%). Penelitian ini memberikan wawasan penting untuk mengelola dan merawat infrastruktur jalan di wilayah tersebut.

Published
2024-07-24
How to Cite
[1]
P. G. P. Susana and I. M. Kariyana, “BEBAN LALU LINTAS DAN MEDIAN POHON TERHADAP KERUSAKAN JALAN COK GEDE RAI DI PELIATAN KABUPATEN GIANYAR”, wastuloka, vol. 2, no. 1, pp. 41-62, Jul. 2024.
Abstract viewed = 17 times
BEBAN LALU LINTAS DAN MEDIAN POHON TERHADAP KERUSAKAN JALAN COK GEDE RAI DI PELIATAN KABUPATEN GIANYAR downloaded = 13 times