PENGARUH GREEN BRAND POSITIONING TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION DENGAN ATTITUDE TOWARD GREEN SEBAGAI MEDIASI

  • Muhammad Bhirawa Dwi Atma Citalada Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Keywords: green brand positioning, attitude toward green, green purchase intention, sem-pls.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green brand positioning terhadap green purchase intention dengan attitude toward green sebagai variabel mediasi pada produk Love Beauty & Planet. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin meningkatnya kesadaran konsumen terhadap isu lingkungan yang membuat pemasar untuk mengembangkan strategi green marketing guna memperkuat citra merek dan meningkatkan niat pembelian produk ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan metode random sampling. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS) melalui aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menemukan bahwa green brand positioning berpengaruh signifikan terhadap attitude toward green dan green purchase intention. Attitude toward green juga berpengaruh terhadap green purchase intention, dimana variabel ini bersifat mediasi sebagian. Hal ini membuktikan bahwa green brand positioning berhasil meningkatkan green purchase intention dengan lebih positif dengan dimediasi oleh attitude toward green.

Published
2025-10-01
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 1 times