KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NIKE OLEH GENERASI Z DITINJAU DARI PENGARUH INFLUENCER DAN CONTENT MARKETING

  • Marcello Dicaprio Putra Agung Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Istian Kriya Almanfaluti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Mochamad Rizal Yulianto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Influencer, Content Marketing, Keputusan Pembelian, Generasi Z, Nike

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menilai bagaimana Generasi Z Sidoarjo melakukan pembelian produk Nike sebagai respon terhadap influencer dan content marketing. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling, salah satu tekniknya adalah purposive sampling, digunakan dalam metodologi kuantitatif penelitian ini. Sampel penelitian ini terdiri dari 96 responden Generasi Z. Data dikumpulkan melalui survei daring. Untuk keperluan analisis data, digunakan metode regresi linier berganda yang diproses menggunakan SPSS. Temuan penelitian ini mengungkap bahwa baik strategi pemasaran konten maupun peran influencer memberikan dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang diambil oleh konsumen. Hal ini menyiratkan bahwa Generasi Z lebih mungkin membeli produk Nike jika influencer tersebut memiliki lebih banyak pengikut dan jika pendekatan content marketing dijalankan dengan baik. Konsekuensi dari temuan penelitian ini menyoroti betapa pentingnya bagi bisnis untuk meningkatkan kemitraan dengan influencer terkait dan meningkatkan kualitas content marketing  mereka guna menumbuhkan loyalitas pelanggan dan menarik minat konsumen Generasi Z untuk melakukan pembelian.

References

abdjul, F., Massie, J. D. D., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh Content Marketing, Search Engine Optimization Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Feb Unsrat Di E-Commerce Sociolla. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 225.
Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V10i3.41752

Abdullah, R., Teniwut, R. M. K., & Susanty, I. I. D. A. R. (2024). Pengaruh Atraksi, Fasilitas, Dan Aksesibilitas, Terhadap Minat Berkunjung Kembali Generasi Z Pantai Di Ngurbloat Maluku Tenggara. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 7(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.32528/Sw.V7i1.1026

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. Pt Inovasi Pratama Internasional.

Ashari, R. M. H., & Sitorus, O. F. (2023). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement Kopi Kenangan. Jurnal Emt Kita, 7(1), 38–46. Https://Doi.Org/10.35870/Emt.V7i1.726

Efendi, F. B., & Aminah, S. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific (Studi Pada Mahasiswa Upn “Veteran” Jawa Timur). J-Mas (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 762. Https://Doi.Org/10.33087/Jmas.V8i1.1055

Eneng Wiliana & Nining Purwaningsih. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm Kuliner Di Kota Tanggerang Di Masa Covid-19. Mamen: Jurnal Manajemen, 1(3), 242–251. Https://Doi.Org/10.55123/Mamen.V1i3.641

Fadhilah, F., & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 17(3), 505–512.

Fahira, A., Sukarelawati, & Fitriah, M. (2024). Gaya Hidup Fashion Dari Drama Korea The Penthouse. Karimah Tauhid, 3(1), 339–349. Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V3i1.8149

Fahrozi, W., Indriani, U., Syahputri, N., & Gunawan Hts, D. I. (2023). Pelatihan Pembuatan Kuesioner Dan Soal Menggunakan Google Form Pada Sma Islam Terpadu Unggul Al Munadi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkarya, 2(05), 181–185. Https://Doi.Org/10.62668/Berkarya.V2i05.822

Fajar, T. R., Angga, R. Y., & Ahmad, Z. (2024). Kajian Semiotik Pada Produk Sepatu Nike Air Jordan. Commdes Journal, 1(1), 61–68.

Firdausya, F. A., & Indawati, R. (2023). Perbandingan Uji Glejser Dan Uji Park Dalam Mendeteksi Heteroskedastisitas Pada Angka Kematian Ibu Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2020. Jurnal Ners, 7(1), 793–796. Https://Doi.Org/10.31004/Jn.V7i1.14069

Husna, N. K., Mala, I. K., & Sutantri. (2024). Strategi Pemasaran Konten Dalam Meningkatkan Interaksi Konsumen Di Media Sosial. Ekonomika, 12(2), 21–31.

Janie, D. N. A. (N.D.). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan Spss.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021, January 22). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss. Center For Open Science. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/V9j52

Khoirunnisa, K., Pramularso, E. Y., & Hardani, H. (2024). Keputusan Pembelian Melalui Content Marketing Dan Influencer Marketing Pada Pengguna Aplikasi Tiktok. Solusi, 22(4), 396–412.

Majid, A., & Faizah, E. N. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Sarung Bhs Melalui Aplikasi Tiktok. Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 40(2), 84–95.

Mufidah, I. M., & Basuki, H. (2023). Analisis Regresi Linier Berganda Untuk Mengetahui Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Stunting Di Jawa Timur. Indonesian Nursing Journal Of Education And Clinic, 3(3), 51–59.

Nasar, A., Saputra, D. H., Arkaan, M. R., Bimo, M., Andriansyah, M. T., & Pangestu, P. D. (N.D.). Uji Prasyarat Analisis.

Nugraha, B. (2022). Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda Dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Pradina Pustaka.

Nurhaliza, W., & Hariasih, M. (N.D.). The Influence Of Brand Image, Product Quality, And Sales Promotion On Purchase Decisions For Emina Products In Umsida Students [Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina Pada Mahasiswa Umsida].

Nyimbili, F., & Nyimbili, L. (2024). Types Of Purposive Sampling Techniques With Their Examples And Application In Qualitative Research Studies. British Journal Of Multidisciplinary And Advanced Studies, 5(1), 90–99. Https://Doi.Org/10.37745/Bjmas.2022.0419

Pratiwi, G., & Lubis, T. (N.D.). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Ud Adli Di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan.

Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas And Reliabilitas. Journal On Education, 6(2), 10967–10975. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i2.4885

Robiul Rochmawati, D., Hatimatunnisani, H., & Veranita, M. (2023). Mengembangkan Strategi Bisnis Di Era Transformasi Digital. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101–108. Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.V14i1.3076

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. Https://Doi.Org/10.22460/Fokus.V4i4.7413

Satiawan, A., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, Online Custumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Di Tiktok. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 1–14.

Sholihah, S. M., Aditiya, N. Y., Evani, E. S., & Maghfiroh, S. (2023). Konsep Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linier Berganda. 2(2).

Shukmalla, D., Savitri, C., & Pertiwi, W. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuanagan Karawang). Jurnal Mirai Management, 8(3).

Sulantari, S., Hariadi, W., Putra, E. D., & Anas, A. (2024). Analisis Regresi Linier Berganda Untuk Memodelkan Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Penambahan Utang Tahunan Negara Indonesia. Unisda Journal Of Mathematics And Computer Science (Ujmc), 10(1), 36–46. Https://Doi.Org/10.52166/Ujmc.V10i1.6631

Twenge, J. M. (2023). Generations: The Real Differences Between Gen Z, Millennials, Gen X, Boomers, And Silents—And What They Mean For America’s Future. Simon And Schuster.

Wahyudi, R. (2022). Pengaruh Iklan Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Pada Games Online Mobile Legends. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 563–578. Https://Doi.Org/10.54443/Sibatik.V1i5.64

Wicaksana, A. H., & Nuryanto, I. (N.D.). Pengaruh Viral Marketing, Influencer Marketing Dan Live Streaming Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop Di Kota Semarang. Influencer Marketing.

Widodo, U. (2021). Uji Signifikansi Pengaruh Kreativitas Belajar Pada Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (Kibasp), 5(1), 95–106. Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V5i1.2970

Yaldi, E., Pasaribu, J. P. K., Suratno, E., Kadar, M., Gunardi, G., Naibaho, R., … Aryati, V. A. (2022). Penerapan Uji Multikolinieritas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (Jumanage), 1(2), 94–102. Https://Doi.Org/10.33998/Jumanage.2022.1.2.89
Published
2025-09-30
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 1 times