PERAN PENTING CITA RASA DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBANGUN MINAT BELI KONSUMEN UMKM KACANG MERAH WIRA BAJING KLUNGKUNG
Abstract
Keberlanjutan dari usaha UMKM dapat di ukur dari tingkat daya beli terhadap produk-produk yang di hasilkan. Minat beli konsumen yang tinggi mencerminkan keberhasilan suatu produk dapat di terima konsumen dan secara tidak langsung memberikan dampak terhadap daya tahan UMKM dalam lingkup usaha. Tingginya minat beli dapat terjadi jika cita rasa dan kualitas produk yang dihasilkan dapat memenuhi harapan konsumen. UMKM Kacang Merah Wira Bajing Klungkung memiliki cita rasa produk dan kualitas produk yang masih perlu di tingkatkan dalam menciptakan minat beli konsumen terhadap produk yang di hasilkan. Penelitian ini, tujuan utamanya menganalisis pengaruh cita rasa dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen. Accidental sampling menjadi rujukan pemilihan sampel penelitian dengan jumlah 96 orang konsumen, data dikumpulkan melalui sebaran kuesioner dengan uji validitas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi berganda, determinasi, uji F dan uji t. Hipotesis pertama dapat dibuktikan dengan hasil cita rasas dan kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli, demikian pula hipotesis kedua dan ketiga dpat dibuktikan dengan hasil cita rasa dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil penelitian ini memberikan penguatan bahwa cita rasa dan kualitas produk dapat meingkatkan minat beli konsumen khususnya produk-produk UMKM.
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.