PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KREATIVITAS PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA UMKM PRODUK ENDEK DI KOTA DENPASAR)

  • Ni Luh Putu Ariani Universitas Ngurah Rai
  • Made Mulia Handayani Universitas Ngurah Rai
Keywords: Inovasi Produk, Kreativitas Pemasaran, Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara sparsial maupun simultan antara
inovasi produk dan kreativitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Produk Endek di Kota
Denpasar. Metode sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling dengan teknik
pengambilan sampel secara sampling jenuh (sensus), dimana semua anggota populasi dijadikan sampel,
yaitu sebanyak 44 unit usaha yang tersebar di 4 (empat) di kecamatan di Kota Denpasar. Data dianalisis
dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis determinasi, uji parsial (ttest), dan uji signifikan (F-test). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan secara
parsila maupun silmutan antara inovasi produk dan kreativitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada
UMKM Produk Endek di Kota Denpasar.

Published
2020-09-30
Abstract viewed = 20 times
downloaded = 55 times