Pengaruh Inovasi Produk Dan Kreativitas Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada UMKM Produk Endek Di Kota Denpasar)

  • Ni Luh Putu Ariani Universitas Ngurah Rai
  • Made Mulia Handayani Universitas Ngurah Rai
Keywords: Inovasi Produk, Kreativitas Pemasaran, Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara sparsial maupun simultan antara inovasi produk dan kreativitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Produk Endek di Kota Denpasar. Metode sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel secara sampling jenuh (sensus), dimana semua anggota populasi dijadikan sampel, yaitu sebanyak 44 unit usaha yang tersebar di 4 (empat) di kecamatan di Kota Denpasar. Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis determinasi, uji parsial (ttest), dan uji signifikan (F-test). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun silmutan antara inovasi produk dan kreativitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Produk Endek di Kota Denpasar.

Published
2020-09-30
Abstract viewed = 594 times
PDF downloaded = 537 times