Pengaruh Premi Asuransi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Jasa Asuransi Kendaraan Pada PT Asuransi Bina Dana Arta Denpasar
Abstract
Berbagai perusahaan asuransi saat ini tidak dipungkiri bahwa terdapat persaingan yang kuat dalam menciptakan produk dan pelayanan yang berdaya saing tinggi untuk menciptakan kepuasan nasabahnya. Premi asuransi dan kualitas pelayanan merupakan variabel yang mempengaruhi kepuasan nasabah di perusahaan asuransi. Adanya perhatian dan ditemukannya permasalahan mengenai premi dan kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan nasabah asuransi kendaraan maka sangat layak dalam penelitian ini diteliti lebih jauh lagi pengaruh premi asuransi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pengguna jasa asuransi kendaraan pada PT Asuransi Bina Dana Arta Denpasar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah pengaruh secara simultan maupun parsial antara premi asuransi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pengguna jasa asuransi kendaraan pada PT Asuransi Bina Dana Arta Denpasar? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial antara premi asuransi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pengguna jasa asuransi kendaraan pada PT Asuransi Bina Dana Arta Denpasar. Jumlah sampel ditentukan dengan tekhnik Nonprobabily Sampling sebanyak 97 orang nasabah PT Asuransi Bina Dana Arta Denpasar. Data dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, uji signifikansi simultan (F-test) dan uji signifikansi parsial (t-test). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan maupun parsial antara premi asuransi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pengguna jasa asuransi kendaraan pada PT Asuransi Bina Dana Arta Denpasar.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.