PERAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DALAM MEDIASI KEPUASAN KERJA, MOTIVASI, KOMITMEN ORGANISASI, TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA UNIVERSITAS UDAYANA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi, dan komitmen organisasi terhadap Kinerja dengan Peran Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada pegawai Kantor Pusat Universitas Udayana, Bali
Sampel pada penelitian ini berjumlah 130 pegawai pada Kantor Pusat Universitas Udayana, Bali dengan status PNS. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus, dan teknik analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior(OCB), Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior(OCB), Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior(OCB), Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, Organizational Citizenship Behavior (OCB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, serta ditemukan bahwa Organizational Citizenship Behavior (OCB) mampu secara signifikan memediasi pengaruh variabel Kepuasan Kerja, Motivasi, dan Komitmen Organisasi terhadap variabel Kinerja.
Implikasi manajerial penelitian ini yaitu para stakeholder selaku pemangku kepentingan yang terdiri dari pejabat struktural atau unsur pimpinan seharusnya melakukan evaluasi serta perlu adanya usaha – usaha untuk meningkatkan kepuasan dan pastisipasi sukarela dan dukungan terhadap fungsi - fungsi organisasi baik secara profesional maupun sosial alamiah.
References
Aldag, Ray., Reschke, Wayne. 1997. Employee value added, New York, Center for organizational effectiveness Inc.
Amstrong, M. 2003. A Handbook of Human Resource Management Practice, 9thed, Kogan Page, London.
Baron, R.A. & Greenberg, J. 2000.Behavior in Organizations : Understanding and Managing Human Side of Work. 7thed. New Jersey : Prentice-Hall.
Bolon, Douglas S. 1997. Organizational citizenship behavior among hospital employees: A multidimensional Analysis Involving Job Satisfaction and Organization Commitment, Hospital & Health Services Administration; Summer; 42, 2; ABI/INFORM Research pg. 221.
Brahmasari Ida Ayu, Agus Suprayetno. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja,Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan(Studi kasus pada PT. Pei HaiInternational Wiratama Indonesia) Pasca Sarjana Universitas 17 AgustusSurabaya Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol 10, No 2,SEPTEMBER 2008: hal.124-135
Chen, Zhen Xiong and Francesco, Anne Marie. 2003. The relationship between the three components of commitment and employee performance in China, Journal of Vocational Behavior 62, 490–510.
Cut Zurnali. 2010. Knowledge Worker : Kerangka Riset Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Depan, Penerbit Unpad Press, Bandung.
Davis, Keith and John W. Newstrom.1997.Organizational Behavior, Human Behavior at work’ tenth edition; McGraw-Hill International Edition; New York.
Fahmi, Irfan. (2010). Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi.Bandung : Alfabeta
Ferdinand, Augusty (2014). Struktural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.
Foote, David A. and Tang, Thomas Li-Ping. 2008. Job satisfaction and organizational citizenship behavior (OCB) Does team commitment make a difference in self-directed teams?,Management Decision, Vol. 46 No. 6, 2008 pp. 933-947.
Gorda, I Gusti Ngurah. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Singaraja: STIE Satya Darma
Jewel, dan Siegel. Mark. 1998. Psikologi Industri/Organisasi Modern.Ancan : Jakarta
Krech, D., Crutchfield, R. S., dan Ballachey, E.L. 1963. Individual in Society.Tokyo : McGraw-Hill.
Locke, E.A. 2006.“The Nature and Cause of Job Satisfactiondalam Fred Luthan.Organisational behavior hal.243, Edisi 10.
Luthans Fred. 2009. Perilaku Organisasi, Edisi sepuluh, Penerbit ANDI Yogyakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Mathis Wackernagel. 2002. “Tracking the Ecological Overshoot of Human Economy,” Proceedings of the National Academy of Sciences, 9 July, p. 9266–71.
Meyer. J.P dan Allen. N.J, A. 1991, Three Component Conceptualization of Organization Commitment, Human Resource Management Review, Vol. 1, hlm. 61-89.
Mowday, R Mowday, R.T, Porter, L.W dan Steers R.M. 1982.Employee Organization Lingkages: The Psychology of Commitment, Absenteeism and Turnover. London: Academic Press Inc
Muogbo, U.S. 2013. The Impact of Employee Motivation On Organisational Performance (A Study Of Some Selected Firms In Anambra State Nigeria). The International Journal Of Engineering And Science (IJES), ISSN(e): 2319 – 1813 ISSN(p): 2319 – 1805 Volume 2 Issue7 Pages 70-80
Organ, D.W., Podsakoff, P.M., and MacKenzie, S.B. (2006).Organizational Citizenship Behavior: Its Nature, Antecedents, and Consequences, SAGE Publications.
Organ, D.W. 1997.The Motivational basis of Organizational Citizenship Behavior. In B.M Staw and L.L. Cummings (Eds.) Research in organizational behavior,Vol. 12 (PP.43-72), JAI Press Greenwich, CT.
Pushpakumari, M. D. 2008. The Impact of Job Satisfaction on Job Performance :An Empirical Analysis. Forum city, Sri Langka.Vol. 9 No1. June. pp..89-105.
Podsakoff, P.M.;S.B. MacKenzie; J.B. Paine; dan D.G. Bachrach(2000). Organizational Citizenship Behaviors: A Critical Review of the Theoretical and Empirical Literature and Suggestions for Future Research. Journal of Management, Vol. 26, No. 3, pp. 513–563.
Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi, Edisi kesepuluh: alih bahasa Benyamin Molan, Edisi Bahasa Indonesia; PT. Mancanan Jaya Cemerlang, Indonesia.
Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. (2008). Perilaku Organisasi Edisi (12 ed). Jakarta : Salemba Empat.
Robbins, Stephen P. 2009. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan aplikasi; Alih Bahasa, Hendayana Puja Atmika Edisi Bahasa Indonesia; Prenp.lindo. Jakarta.
Ruky S Achmad, 2002, Sistem Manejemen Kinerja ( Performance Managemen System ) Panduan Praktis Untuk Merancang dan MeraihKinerja Prima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sedarmayanti, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Refika Aditama, Bandung.
Shaver, K. G. (2003).The social psychology of entrepreneurial behaviour. In Z. J. Acs& D. B. Audretsch (Eds.) The handbook of entrepreneurship research pp. 331-357. London: Kluwer Law International.
Steers, Richard M, Lyman W. Porter, Gregory A. Bigley. 1996. Motivation and Leadership at Work, 6th edition, N4cGraw Hill International Editions.
Tang, T. L. P., Luna-Arocas, R., Sutarso, T., dan Tang, D. S. H. 2004. Does the love of money moderate and mediate the income-pay satisfaction relationship? Journal of Managerial Psychology, Vol 2, pp.111–135
Teck Hong, Tan, Amna Waheed. 2011. Herzberg's Motivation-Hygiene Theory AndJob Satisfaction In The Malaysian Retail Sector: The Mediating Effect ofLove of Money. Sunway University, School of Business.5, Jalan Universiti,Bandar Sunway 46150 Petaling Jaya. Selangor, Malaysia. Asian Academy ofManagement Journal, Vol. 16, No 1, pp. 73 – 94