Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Konsumen terhadap Repurchase Intention Di Tokopedia
Abstract
Repurchase intention oleh konsumen merupakan salah satu sasaran dari sebuah perusahaan untuk aktivitas bisnis yang berkelanjutan. Faktor intenal dan eksternal perusahaan akan mempengaruhi konsumen dalam menentukan keputusan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan dari kepercayaan, kualitas produk dan kepuasan konsumen terhadap repurchase intention di Tokopedia. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik pengumpulan non probability sampling dan metode purposive sampling. Pengukuran sampel yang akan digunakan ditentukan menggunakan estimated parameter dan memperoleh 80 responden. Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis determinasi, uji parsial (Uji t) dan uji simultan (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention tetapi kualitas produk dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signfikan terhadap repurchase intention. Kemudian kepercayaan, kualitas produk dan kepuasan konsumen secara bersama-sama berpengaruh terhadap repurchase intention pada e-commerce Tokopedia. Responden memberikan skor tertinggi pada atribut kemudahan bertransaksi online menggunakan Tokopedia dan pembelian produk didasari atas keinginan dari konsumen sendiri. Skor terendah yang harus menjadi dasar evaluasi oleh Tokopedia adalah adanya ketidaksesuaian antara keterangan produk pada aplikasi dengan produk yang diterima konsumen.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.