Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Simpanan Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas untuk mengetahui kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah aktif pada tahun 2019 sebanyak 7.921 nasabah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik Proporsional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 orang. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan observasi dan kuesioner tertutup yang diukur dengan skala Likert. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan study kepustakaan. Teknik Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, koefisiensi determinasi R2, uji sobel (sobel test), uji model, uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan Nasabah tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. Kualitas Pelayanan tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap Loyalitas. Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan Nasabah, maka kepuasan tidak dapat memediasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.