Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online

  • Kuswanto Kuswanto Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Resista Vikaliana Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
Keywords: Harga, Ulasan Produk, Keputusan Pembelian Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh harga dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian online pada Toko Emershop di Tokopedia.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan transaksi pembelian di Toko Emershop daiTokopedia.com selama tiga bulan dengan jumlah 367 orang dengan sampel sebanyak 73 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model regresi linier berganda Y = 7,269 + 0,510X1+0,522X2. Sedangkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, harga dan review produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online. Hasil uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Nilai R Square sebesar 0,714 yang artinya variabel harga dan ulasan produk mempengaruhi keputusan pembelian online sebesar 71,4%, sedangkan sisanya 28,6% dipengaruhi oleh variabel di luar variabel yang diteliti.

Published
2020-09-30
Abstract viewed = 3638 times
PDF downloaded = 1635 times