Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sinar Alami Kreasi Denpasar

  • A.A Putu Darmawan Universitas Ngurah Rai
  • Made Sukaja Universitas Ngurah Rai
Keywords: Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan tokoh sentral dalam organisasi maupun perusahaan. Agar aktivitas manajemen berjalan dengan baik, perusahaan harus memiliki karyawan yang berpengetahuan dan berketrampilan tinggi serta usaha untuk mengelola perusahaan seoptimal mungkin sehingga kinerja meningkat. Dalam meningkatkan kinerja suatu perusahaan memerlukan suatu acuan dalam visi dan misi organisasi yang tertuang pada strategi perencanaan dalam organisasi atau perusahaan. Proses pengukuran kinerja adalah kemajuan terhadap pekerjaan yang sebelumnya ditentukan oleh tujuan dan sasaran sehingga menghasilkan output yang berkualitas, membandingkan hasil kerja dengan rencana kerja, serta menunjuk efektifitas tindakan dalam mencapai tujuan.

Melihat adanya indikasi yang telah disampaikan, maka penelitian yang berjudul “Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sinar Alami Kreasi Denpasar”. Populasi 50 orang karyawan semuanya dijadikan responden penelitian dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan studi literatur. Berdasarkan hasil analisis uji signifikansi (uji-t), disiplin kerja terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kinerja Karyawan dilihat dari uji t-test dimana t-hitung yang dihasilkan 11,794 lebih besar daripada t-tabel 1,677 dan nilai Sig.hitung adalah 0,000.

Berdasarkan bukti empiris yang diperoleh, maka dapat dinyatakan bahwa variabel bebas penelitian yakni Disiplin Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan, maka pimpinan perlu tetap menjalankan atau bila perlu meningkatkan kebijakan yang berkaitan dengan Disiplin Kerja.

Published
2017-03-30
Abstract viewed = 39 times
downloaded = 61 times