IMPLEMENTASI PROGRAM SUBSIDI BERAS MISKIN (RASKIN) KEPADA RUMAH TANGGA MISKIN DI KELURAHAN KUBU, KECAMATAN BANGLI, KABUPATEN BANGLI

  • I Wayan Eka Binarta Alumni Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNR
  • I Wayan Astawa Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNR
Keywords: Implementasi, Program Subsidi Beras Miskin (Raskin)

Abstract

Beras Miskin (Raskin) adalah Program Pemerintah untuk membantu masyarakat yang miskin dan rawan pangan agar mereka mendapat beras murah untuk kebutuhan rumah tangganya. Namun pada saat implementasi kebijakan tersebut tidak dapat berjalan seperti apa yang diharapkan, dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi terhambatnya implementasi tersebut, yaitu data Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat penerima Raskin yang tidak sesuai dengan keadaan di masyarakat, jumlah kuota yang kurang dibandingkan dengan jumlah Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat yang memerlukan Raskin dan masih ditemukannya beras dengan kualitas rendah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Program Subsidi Beras Miskin (Raskin) kepada Rumah Tangga Miskin di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli dan faktor- faktor yang mempengaruhi Implementasi Program Subsidi Beras Miskin (Raskin) kepada Rumah Tangga Miskin di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, baik faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini didasarkan pada teori Merilee S Grindle, dimana menurut Grindle dalam teori Implementasinya bahwa untuk mengukur keberhasilan implementasi harus dilihat dari prosesnya, dimana teori ini akan melihat dan menelaah bagaimana Implementasi Program Subsidi Beras Miskin (Raskin) kepada Rumah Tangga Miskin di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi.

Adapun hasil dalam penelitian ini berdasarkan wawancara dengan Informan Penelitian Implementasi Program Subsidi Beras Miskin (Raskin) di Kelurahan Kubu Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli, yaitu Implementasi tersebut belum berjalan dengan baik seperti yang diharapkan, karena pendistribusian Raskin di Kelurahan Kubu terlambat. Hal ini disebabkan karena harus diadakannya validasi data Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat dengan melaksanakan musyawarah Lingkungan dan musyawarah Kelurahan yang memerlukan waktu yang cukup lama. Adapun Faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Program Subsidi Beras Miskin (Raskin) kepada Rumah Tangga Miskin di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, yaitu faktor pendukung antara lain : (1) Adanya sosialisasi dari pemerintah mengenai Program Raskin, (2) Partisipasi masyarakat RTS-PM Kelurahan Kubu untuk mengambil Beras Program Raskin cukup tinggi dan ada juga faktor penghambat antara lain : (1) Daftar nama-nama Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat yang tidak sesuai dengan kondisi masyarakat yang sebenarnya, (2) Jumlah kuota Raskin yang didapat lebih kecil dari jumlah Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat yang ada, (3) Kualitas beras yang kadang-kadang kurang bagus/rendah.

 

Published
2018-08-31
How to Cite
Binarta, I. W., & Astawa, I. W. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM SUBSIDI BERAS MISKIN (RASKIN) KEPADA RUMAH TANGGA MISKIN DI KELURAHAN KUBU, KECAMATAN BANGLI, KABUPATEN BANGLI. Jurnal Widyanata, 15(02), 83-91. Retrieved from http://ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/129
Abstract viewed = 65 times
downloaded = 63 times