Evaluasi Kebijakan WFH Terhadap Pelayanan Publik Di Indonesia

  • Ni Nyoman Kartika Yanti S.AB STISIP Margarana
Keywords: Evaluasi, Kebijakan, WFH, Pelayanan Publik

Abstract

Kebijakan WFH di masa pandemic berdampak pada pelayanan publik. Pelayanan yang biasanya dilakukan secara manual, kini mengharuskan pemerintah untuk beradptasi dengan kondisi pembatasan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Kebijakan WFH Terhadap Pelayanan Publik di Indonesia. Studi ini menggunakan studi kepustakaan dengan sumber yang berasal dari buku, jurnal, atau situs resmi pemerintah. Teori yang digunakan dalam kajian ini adalah Teori Evaluasi Kebijakan William Dunn. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemerintah harus terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar terwujud pelayanan yang cepat, terjangkau, dan efektif. Hasil evaluasi kebijakan WFH terhadap pelayanan public di Indonesia yakni Dari segi efektivitas, pelayanan di masa pandemic covid dapat dikatakan efektif karena pemerintah telah melakukan perbaikan tata kelola yang tetap sesuai protokol kesehatan. Dari segi efisiensi, berdasarkan analisis penulis pada masa pandemi Covid 19 pekerja akan lebih produktif karena bisa menghemat waktu. Dari segi kecukupan, sangat mencukupi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayaan singkat dan memuaskan. Dari segi perataan, sistem online dapat dinikmati oleh semua masyarakat baik yang kaya ataupun yang miskin. Dari segi responsivitas, pelayanan publik online lebih responsif dimana dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Selanjutnya, dari segi ketepatan, masyarakat yang memanfaatkan platform online justru akan sangat terbantu untuk mendapatkan pelayanan tepat sesuai kebutuhan.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Kebijakan, WFH, Pelayanan Publik

References

Annisa, D. (2021). Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 25 November 2021. Infeksi Emerging. https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-25-november-2021
Arfan, S., Mayarni, M., & Nasution, M. S. (2021). Responsivity of Public Services in Indonesia during the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 552–562. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1638
Daraba, D., Wirawan, H., Salam, R., & Faisal, M. (2021). Working from home during the corona pandemic: Investigating the role of authentic leadership, psychological capital, and gender on employee performance. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1885573
Dunn, W. (2003). Analisa Kebijakan Publik. PT. Prasetia Widia Pratama.
Fitria, N. J. L. (2020). Penerapan Work From Home Dan Work From Office Dengan Absensi Online Sebagai Implikasi E-Government Di Masa New Normal Implementation of Work From Home and Work From Office With Online Absence As an E-Government. Civil Service, 14(1), 69–84.
Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 126–150. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.119
Rustandi, F. (2021). Tantangan Tata Kelola Pemerintahahan Daerah di Masa Pandemi. Jentera. https://www.jentera.ac.id/tantangan-tata-kelola-pemerintahahan-daerah-di-masa-pandemi/
Siam, N. U., Nurhadiyanti, N., & Prasetyo, E. B. (2021). Identifikasi Pelayanan Publik di era Work From Home (WFH). Indonesian Governance Journal : Kajian Politik-Pemerintahan, 4(1), 80–90. https://doi.org/10.24905/igj.v4i1.1821
Vyas, L., & Butakhieo, N. (2021). The impact of working from home during COVID-19 on work and life domains: an exploratory study on Hong Kong. Policy Design and Practice, 4(1), 59–76. https://doi.org/10.1080/25741292.2020.1863560
Published
2022-06-23
Section
PUBLIC SERVICE
Abstract viewed = 21 times
downloaded = 10 times