IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN WALIKOTA DENPASAR NOMOR 36 TAHUN 2018 TENTANG PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK DI KOTA DENPASAR

  • Ni Wayan Wirati Biro Umum dan Protokol Setda Prov. Bali
Keywords: Implementasi Kebijakan, Sampah Plastik dan Peraturan Walikota

Abstract

Sampah plastik merupakan masalah yang sangat sulit diatasi dan perlu mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat  karena masyarakat masih banyak menggunakan kantong plastik dalam kesehariannya. Untuk itu masalah sampah plastik mutlak harus ditangani secara bersama-sama antara pemerintah, lembaga swadaya masyarakat dan masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan kesadaran dan komitmen bersama menuju perubahan sikap, perilaku dan etika yang berbudaya lingkungan. Penyebab utama kurangnya kesadaran masyarakat dalam pengurangan kantong plastik adalah (a) Kurangnya dukungan lingkungan mencakup lingkungan sosio kultural serta keterlibatan masyarakat untuk mentaati aturan, (b) kurangnya dukungan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya non manusia, (d) kurangnya dukungan kemampuan agen pelaksana mencakup struktur birokrasi, norma-norma dan pola-pola kerja yang jelas.Bertitik tolak dari identifikasi masalah, maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalahnya seperti: Bagaimanakah Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Denpasar Nomor 36  Tahun 2018 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Denpasar Nomor 36  Tahun 2018 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Denpasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari data primer dan skunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan internet/online, dikaji dengan teori  Menurut G. Shabbir Cheema dan Dennis A. Rondinelli, ada empat variabel : Kondisi lingkungan masyarakat, Hubungan antara organisasi instansi lain, Sumberdaya organisasi untuk implementasi program, Karakteristik dan kemampuan agen pelaksana.Berbagai upaya dan strategi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Denpasar meliputi pendataan penggunaan kantong plastik, penandatanganan komitmen bersama, kampanye, sosialisasi, talkshow, penetapan regulasi/ kebijakan terkait seperti Peraturan Walikota Denpasar No. 36 Tahun 2018.

References

1. BUKU

Abdullah, Syukur. 1987. Kumpulan Makalah Study Imlementasi Latar Belakang Konsep Pendekatan dan Relevansinya Dalam Pembangunan. Ujung Pandang : Persadi.

Abdul Wahab, Solichin. 2001. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Edisi kedua, Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Abdul Wahab, Solichin. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang. UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah.

Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta

Ali, Lukman,dkk. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsini, 1993, Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arya Wardhana ,W.2004. Dampak Pencemaran Lingkungan. Cetakan Keempat. Yogyakarta : Andi.

Denpasar, Humas. 2019. Data Mini Selayang Pandang Kota Denpasar. CV. Pelawa Sari.

Edward III, George C. 1980. Implementation Public Policy. Washington DC: Congresional Quarter Press.

Friedrich, Carl J. 1963. Man and His Government. Newyork: McGraw-Hill.

Gie, The Liang 2000. Administrasi Perkantoran. Yokyakarta: Modern Liberty

Griffin, J.E. 1996. The Thyroid. p.260-283. Textbook of endocrine physiology. Third edition. New York oxford. Oxford University Press.

Grindle, Merilee S. 1980. Politics and Policy Implementation in the Third World. New Jersey: Pinceton University Press.

Indiahono, Dwiyanto. 2009. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analysis. Yogyakarta: Gava Media.

Islamy, M. Irfan. 1997. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Sinar Grafika.


MacMillan Cheema G. Shabbir & Dennis A. Rondinelli (1983), Decentralization and Development Policy Implementation in Developing Countries. Beverly Hills/London/New Delhi: sage publications Conyer.

Mazmanian, Daniel H., dan Paul A. Sabatier, 1983, Implementation and Public Policy, New York: HarperCollins.

Meter, Donald Van, dan Carl Van Horn. 1975. The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework dalam Administration and Society 6,1975. London: Sage.

Moleong, Lexy J.2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nugroho, Riant. 2008. Kebijakan Publik: Formulasi, implementasi dan evaluasi. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Rachmat, Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.2009.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Administratisi. Bandung : Alfabeta

Sutarno, NS. 2004. Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta : Sagung Seto

Usman, Nurdin. 2004. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum.Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Wibawa, Samodra. 2006. Kebijakan Publik, Intermedia, Jakarta.

Widodo, Joko. 2008. Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Anlisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia

Wardhana, W.A. 2004. Dampak Pencemaran Lingkungan. Cetakan keempat. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo..

2. JURNAL

Arthana, I.Wayan. 2007. Studi Kualitas Air Beberapa Mata Air di Sekitar Bedugul, Bali (The Study of Water Quality of Springs Surrounding Bedugul,Bali), Jurnal Lingkungan Hidup, Bumi Lestari, Vol 7 : 4.

Alimin, 2010. Kinerja Dinas Pengelola Sampah Kota Bau-Bau. Magister Keuangan Daerah Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Wibowo, Herman. Eko. 2010. Prilaku Masyarakat dalam Mengelola Sampah Pemukiman di Kampung Kamboja Kota Pontianak. Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Putra, Marlan. Jayadi. 2011. Manajemen Pelayanan Sampah di Kota Bengkulu oleh Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Bengkulu. Magister Manajemen dan Kebijakan Publik Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Wondiwoi, Isak. 2011. Manajemen Pengelolaan Sampah (Studi Kasus pada Dinas Kebersihan, Pertamanan & Pemakaman Kota Jayapura). Magister Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Wiraatmaja, I. Putu. 2012. Kajian Operasional Pengangkutan Sampah di Kecamatan Denpasar Timur. Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar.

Sari, Iin Indah. 2012. Implementasi Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Pengelolaan Persampahan/Kebersihan di TPA Jatiwaringin oleh Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Tanggerang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.

Artayasa, I. Nyoman. 2013. Model Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Tegal Kertha Kecamatan Denpasar Barat Kota Denpasar. Magister Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pengelolaan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sari, Evi. Permata. 2013. Implementasi Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Bengkulu Sebagai Upaya Peningkatan Pengelolaan Sampah. Magister Hukum Program Pascasarjana Universitas Bengkulu.

Wardani, I. Putu. 2015. Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Badung Guna Mewujudkan Badung yang Bersih, Hijau dan Berbunga. Magister Ilmu Administrasi Program Pascasarjana Universitas Ngurah Rai Denpasar.

Artana, I.Wayan. 2016. Implementasi Kebijakan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenisnya di Kabupaten Gianyar. Magister Ilmu Administrasi Program Pascasarjana Universitas Ngurah Rai Denpasar

3. PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH)

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor .81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga

Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai.

Peraturan Walikota Denpasar Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Pengurangan Kantong Plastik di Kota Denpasar
Published
2021-12-20
Section
Articles
Abstract viewed = 143 times
downloaded = 76 times