EVALUASI SISTEM AKUNTANSI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI BALI

  • Siska Tilly Elisabeth Lumbantobing Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah Provinsi Bali
Keywords: Evaluasi, Sistem, Akuntansi, Pemahaman Pegawai, Kinerja

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) sistem akuntansi pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Bali; (2) kendala-kendala yang dihadapi untuk meningkatkan pemahaman sistem akuntansi Pegawai Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Bali; dan (3) evaluasi untuk mengatasi kendala-kendala untuk meningkatkan pemahaman sistem akuntansi Pegawai Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Bali dalam rangka meningkatkan kinerjanya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Sistem akuntansi pada Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah Provinsi Bali adalah sistem atau Standar Akuntansi Pemerintahan Daerah (SAPD) yang berbasis IT system. Sistem ini memberi manfaat pada peningkatan kualitas pelaporan keuangan di Provinsi Bali; (2) Kendala-kendala yang dihadapi untuk meningkatkan pemahaman sistem akuntansi pegawai Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah Provinsi merupakan kendala yang berasal dari adanya perubahan peraturan perundang-undangan, jenis laporan keuangan yang tadinya hanya empat ditambah dengan tiga jenis laporan baru, anggaran berbasis akrual, pencatatan pengakuan pendapatan dan pencatatan pengakuan belanja/beban serta masih adanya resistensi pegawai yang menolak perubahan; dan (3) Evaluasi untuk mengetahui kendala-kendala untuk meningkatkan pemahaman akuntansi yang diharapkan agar kinerja pegawai dapat ditingkatkan meliputi sosialisasi yang lebih intens, sebaiknya jenis laporan keuangan ditetapkan saja berupa jenisnya agar terjadi kepastian, anggaran berbasis akrual, pencatatan pengakuan pendapatan dan pencatatan pengakuan belanja/beban harus dilakukan sesuai tuntutan peraturan perundang-undangan yang baru dan memberi pemahaman yang benar atas perubahan peraturan perundang-undangan

References

Sumber Buku
Fakhrurazi. 2014. Standar Akuntansi Pemerintahan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P. 2015. Organizational Behavior, Concept Contropversies and Applications, Prentice Hall Inc. USA. Terjemahan. Jakarta: P.T. Indeks Kelompok Gramedia.

Satmoko, Nofan. 2015. Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual Dalam Sistem Akuntansi Pemerintah dan Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Offset.

Sinaga, Jamason. 2015. Selamat Datang Standar Akuntansi pemerintahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wajong J. 2015. Administrasi Keuangan Daerah. Jakarta: Penerbit Balai Buku Ichtiar.

Widjajarso, Bambang. 2009. Penerapan Basis Akrual pada Akuntansi Pemerintah Indonesia: Sebuah Kajian Pendahuluan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumber Jurnal / Artikel /Tesis
Juma, Thomas Otieno dan Onkware, Ken. 2015. ”The Challenges of Public Policy Formulation and Evaluation”. International Journal of Economics, Commerce and Management. Vol. III, Issue 11.

Wijaya, Henryanto. 2014. “Standar Akuntansi Pemerintahan (PP No. 24 Tahun 2005) untuk Pengelolaan Keuangan Negara yang Transparan dan Akuntabel”. Jurnal Akuntansi, Vol.XII, No.3.

Sumber Peraturan Perundang-Undangan
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Sistem Akutansi Pemerintah Berbasis Akrual pada Pemerintahan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Gubernur Bali Nomor 101 Tahun 2015 tentang Kebijakan Akuntansi ProvinsiBali
Published
2021-06-16
Section
Articles
Abstract viewed = 20 times
downloaded = 5 times