ANALISIS PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN KUTA SELATAN DALAM PENYUSUNAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH DI KABUPATEN BADUNG

  • Nyoman Trisna Widianti Pascasarjana Magister Ilmu Adminitrasi, Universitas Ngurah Rai
  • Nyoman Diah Utari Dewi Universitas Ngurah Rai
Keywords: kuta selatan, musyawarah, perencanaan, pembangunan, rencana kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan implikasi musyawarah perencanaan pembangunan Kecamatan Kuta Selatan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Badung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif menggunakan interaktif model. Teknik analisis data kualitatif menggunakan interaktif model merupakan komponen reduksi data dan penyajian data dilakukan bersama dengan pengumpulan data, kemudian setelah data terkumpul maka tiga komponen tersebut berinteraksi dan bila kesimpulan dirasakan kurang maka perlu verifikasi dan penelitian kembali mengumpulkan data lapangan. Adapun hasil penelitian adalah : 1) Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Kuta Selatan dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan tahunan di Kecamatan Badung masih belum efektif karena kemampuan pegawai yang masih harus ditingkatkan, komunikasi yang masih harus diperbaiki dan karakteristik agen pelaksana yang dalam hal ini adalah pegawai Kecamatan Kuta Selatan yang masih lemah dan harus ditingkatkan, 2) Implikasi Musrenbang Kecamatan Kuta Selatan tahun 2015 terhadap Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Badung pada Tahun 2016 tidak semua usulan dalam Musrenbang Kecamatan Kuta Selatan dijadikan RKPD.

References

Buku
Cooper, Donald R. dan Pamela S. Schlinder. 2014. Business Research Methods. New York: Mc Graw-Hill.
Denzin, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln. 2013. Qualitative Research. Third Edition. California: Sage Publication. Inc.
Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. 2014. Analisis dan Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Struktural Equation Modeling: Teori, Konsep dan Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jurnal/Makalah
Arifin, Emilia Nur. 2013. ”Efektifitas Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2012 di Kecamatan Citangkil Kota Cilegon”. Program Magister Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Aritama, Anak Agung Ngurah. 2015. “Implikasi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Terhadap Pembangunan Spasial di Kelurahan Kesiman, Denpasar Bali”. Tesis, pada Program Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar.
Deviyanti, Dea. 2013. “Studi tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Kelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapan Tengah”. Jurnal Administrasi Negara, Vol.1, No.2, hlm.380-394.
Dwicaksono, Adenantera. 2016. “Studi Analisis Praktik Penyelenggaraan Musrenbang di Daerah”. Jurnal Inisiatif, Kerjasama antara FPPM dan The Asia Foundation.
Fadil, Fathurrahman. 2013. “Partisipasi Masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Kotabaru Tengah”. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan, Vol.II, No.2.
Isnadi. 2012. “Proses Perencanaan Partisipatif dalam Pembangunan Daerah di Kabupaten Kebumen.” Program Studi Magister Ilmu Administrasi Publik Kekhususan Perencanaan Pembangunan Daerah, Program Pascasarjana, Universitas Brawijaya, Malang.
Ma'rif, Samsul, Pribadi Nugroho dan Lydya Wijayati. 2014. “Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Semarang”. Jurnal Riptek, Vol.4, No.11.
Maulana, Indra. 2013. “Perencanaan Pembangunan Infrastruktur dan Realisasi Usulannya di Kota Surakarta”. Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Oktavianti, Neni. 2016. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Implemenuasi Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Panit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan”. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol.5, No.2.
Sa’diyah, Halida Halimatus. 2012. “Analisis Anggaran Hasil Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Bidang Fisik dalam APBD”. Program Studi Akuntansi Manajemen Pemerintahan, Universitas Padjadjaran, Bandung.
Syaifullah. 2013. “Analisis Perencanaan Pembangunan Tahunan Daerah di Kota Magelang”. Tesis, Magister Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro Semarang.

Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Daerah.
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang telah diganti dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah.
Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2004 tentang Rencana Kerja Pemerintah.
Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga Pemerintah Pusat.
Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2006 tentang Tatacara Penyusunan Rencana Pembangunan.
Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi, Perencanaan Pembangunan Daerah.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi, Perencanaan Pembangunan Daerah.
Peraturan Gubernur Bali Nomor 22 Tahun 2014 tentang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Bali Tahun 2015.
Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 tentang Pedoman Pengurusan, Pertanggungjawaban Keuangan Daerah serta Tatacara Penyusunan APBD, Pelaksanaan Tatausaha Keuangan Daerah dan PenyusunanPerhitungan
Published
2019-12-13
Section
Articles
Abstract viewed = 47 times
downloaded = 26 times