KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD KABUPATEN BULELENG BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL RUMAH SAKIT
Abstract
Kualitas adalah bentuk pengukuran terhadap suatu nilai layanan yang telah diterima oleh konsumen dan kondisi yang dinamis suatu produk atau jasa dalam memenuhi harapan konsumen. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, standar pelayanan minimal ini dimaksudkan agar tersedianya panduan bagi daerah dalam melaksanakan perencanaan pelaksanaan dan pengendalian serta pengawasan dan pertanggungjawaban penyelenggaraan standar pelayanan minimal rumah sakit. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng. Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kabupaten Buleleng dan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kabupaten Buleleng. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam mengumpulkan dan mengolah data serta menjelaskan hasil analisis data. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles Huberman. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kabupaten Buleleng telah memenuhi harapan masyarakat dilihat dari capaian Standar Pelayanan Minimal, dimana sebagian besar telah mencapai target meskipun ada beberapa indikator yang masih perlu diperbaiki. Berbagai upaya juga telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan meliputi upaya dalam hal pengembangan SDM maupun pengembangan pelayanan yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.
References
Arikunto. 1991. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Reneka Cipta.
Azwar, S. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dirjen Yanmed Depkes RI thn 1999 tentang Standar Pelayanan Rumah Sakit.
Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: Andi Ofset
Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Herlambang, Susatyo. 2016. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing
Ilyas Y. 2001. Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitian. Jakarta: Pusat Kajian Ekonomi Masyarakat Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia
Istianto, Bambang. 2011. Manajemen Pemerintahan dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Keputusan Menteri Kesehatan No.66/Menkes/II/1987 tentang Pengertian Pelayanan Rawat Jalan
Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit
Lewis, Carol W., and Stuart C. Gilman. 2005. The Ethics Challenge in Public Service. Market Street, San Fransisco: Jossey-Bass.
Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Moenir. H.AS.2008. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Moleong, Lexy.2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Moleong,Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Bupati Buleleng No. 60, tahun 2008.
Peraturan Bupati no 11 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng
Profil RSUD Kabupaten Buleleng tahun 2019.
Sinambela, L.P. 2010. Reformasi Pelayanan Publik; Teori,Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono dan Chandra . 2011. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi
Undang-undang No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik
Undang-Undang RI No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.
Copyright (c) 2019 Made Yusnita Sari, Gede sandiasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
-
The right to publication of all journal material published on the WIDYA PUBLIKA journal website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
-
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal of WIDYA PUBLIKA reserves the right to store, modify the format, administer in the database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
-
Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research, and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.