PENGARUH MOTIVASI, PENGALAMAN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 2 KUTA, BADUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, pengalaman kerja dan kompetensi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Kuta, Badung. Jumlah responden sebanyak 45 orang guru yang diambil secara sensus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa. 1) Terdapat pengaruh positif yang nyata (signifikan) secara simultan antara motivasi, pengalaman kerja dan kompetensi terhadap kinerja guru. 2) Secara parsial motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. 3) Ada pengaruh yang positif dan nyata (signifikan) antara pengalaman kerja terhadap kinerja guru. 4) Ada pengaruh yang positif dan nyata (signifikan) antara kompetensi terhadap kinerja guru.
References
Anoraga Panji. 2006. Psikologi Kerja. Jakarta: Rhneka Cipta.
Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup. Alfabeta : Bandung.
Foster Bill. 2004. Pembinaan Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jakarta PT.Toko Gunung Agung Tbk.
Gomes Faustino Cardoso. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Andi Offset.
Handoko T. Hani. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Liberty.
Hasibuan, S.P. Malayu. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
-----------------------------. 2014.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
-----------------------------. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Janawi. 2007. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Johnson Richard, 2007, Applied Multivariate Statistical Analysis. United States of America. Prentice Hall.
Mulyasa E. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rivai Veithzal. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rusyan A. Tabrani & Wasmin. 2008. Etos Kerja dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja Guru. Jakarta: PT. Inti Media Cipta Nusantara.
Samsudin Sadili. 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:Pustaka Setia.
Sarbini D. 2008. Hubungan antara Tingkat Pendapatan Keluarga dan Pendidikan Ibu Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Kecamatan Jebres Kotamadya Surakarta Jurnal Kesehatan, ISSN 1979-7621, VOL. I, NO. 2, DESEMBER 2008.
Sastrohadiwiryo BS. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Organisasuional. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Spencer Lyle M. and Signe M Spencer, 2004. Competency work, Model for Superior Perform. Jhon Wiley and Son.Inc.
Siagian Sondang P. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulatatif dan R & D. Bandung:Cv. Alfa Beta.
Suparno A.Suhaenah. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Usman Husaini. 2009. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Wariati Nana Dahniar dan Sugiati Tinik. 2015. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Kabupaten Barito Timur. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 3. Nomor 3.
Van Looy Van Dierdonck and Gemmel. 2002. Service Management and Integreted Aproach. London: Financial Times Pitman Publishing.
Copyright (c) 2019 Made Ari Puspa Pramesti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
-
The right to publication of all journal material published on the WIDYA PUBLIKA journal website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
-
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal of WIDYA PUBLIKA reserves the right to store, modify the format, administer in the database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
-
Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research, and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.