KUALITAS PELAYANAN LEMBAGA PERKREDITAN DESA DI DESA PUCAK SARI SINGARAJA

  • Luh Novi Krisna Dewi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Panji Sakti
  • Gede Sandiasa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Panji Sakti
Keywords: LPD, kualitas, pelayanan

Abstract

Kualitas pelayanan yang diberikan oleh Lembaga Perkreditan Desa (LPD) masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satu permasalahan yang muncul adalah kurangnya perhatian terhadap saran-saran nasabah yang memengaruhi fleksibilitas layanan, seperti kendala dalam penarikan tabungan pada hari Minggu karena LPD tutup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan LPD Desa Adat Pucaksari dengan fokus pada aspek keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), kemampuan (competence), faktor penghambat, dan upaya penyelesaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan dari manajer LPD Desa Pucaksari, staf LPD, dan masyarakat setempat. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan LPD Desa Pucaksari secara umum sudah baik, didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Namun, terdapat faktor penghambat seperti dampak pandemi COVID-19 yang memengaruhi proses pekreditan, serta rendahnya kesadaran masyarakat dalam membayar kredit, yang menyebabkan kredit macet. Upaya penyelesaian yang dilakukan LPD mencakup pemberian surat peringatan secara lisan dan kunjungan langsung kepada debitur bermasalah. Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan mendorong nasabah untuk lebih aktif dalam memenuhi kewajibannya.

References

Andriasan, sudarso,2016. Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan (Dilengkapi dengan Hasil Riset pada Hotel Berbintang 5 di Sumatera Utara), Yogyakarta: Dipublish
Atep, Adya Barata, 2006. Dasar-dasar Pelayanan Prima. PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane, 2022. Marketing Management. New Jersey: Pearson Education.
Kurniasari, T., W. 2007. Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Dalam Perspektif Hukum : Sebuah Lembaga Keuangan Adat Hindu Penggerak Usaha Sektor Informal DiBali. Jurnal Masyarakat dan Budaya. 9 (1). Pp: 53- 78
Lovelock, Christopher & Wirtz, Jochen, 2021. Services Marketing: People, Technology, Strategy. New Jersey: Pearson Education.
Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
Philip, Kotler. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Implementasi dan Kontrol, Jilid I. Jakarta: Erlangga
Rambat, Lupiyadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta : Salemba Empat
Sembiring, W., D., Ginarsa, I., W. Dan Rantau, I., K. 2013. Peranan LPD Desa Pakraman Sesetan Terhadap Masyarakat Desa Sesetan. E-Jurnal Agrobisnis Dan Agrowisata . 2 Pp: 2301- 6523
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
William, J. Stanton, 2000. Prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi 7. Jakarta: Erlangga
Winarti, C., E. 2015. Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Sikap Konsumen Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Di Dealer Pusat PT Nissan Motor Indonesia Jl. MT Haryono Kav. 10 Jakarta Timur. Kelola. 2 (3). Pp: 12-21
Zeithaml, Valarie A., Bitner, Mary Jo, & Gremler, Dwayne D., 2020. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. New York: McGraw-Hill Education.
Published
2024-12-30
Abstract viewed = 28 times
KUALITAS PELAYANAN LEMBAGA PERKREDITAN DESA DI DESA PUCAK SARI SINGARAJA downloaded = 7 times