KEMITRAAN BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) PERTAMINA DENGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PERTASHOP DI DESA BUKTI KECAMATAN KUBUTAMBAHAN

  • I Ketut Dharmasatya Universitas Panji Sakti
  • Gede Sandiasa universitas Panji Sakti
Keywords: Kemitraan, BUMN, Pertamina, UMKM, Pertashop

Abstract

BUMN, dalam hal ini Pertamina, meluncurkan program kemitraan Pertashop. Kemitraan ini melibatkan Pertamina dan pengusaha UMKM di daerah. Pertashop (Pertamina Shop) adalah outlet skala kecil yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen non-subsidi yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lainnya. Sebagai bentuk kemitraan baru, banyak pengusaha lokal yang ingin bermitra dengan Pertamina. Kehadiran Pertashop berdampak pada lingkungan sekitar, namun para mitra mengalami kendala dalam proses pembangunan Pertashop.

Berdasarkan uraian di atas, pokok permasalahan yang dapat dirumuskan adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk kemitraan Pertashop dengan Pertamina?, 2)  Apakah dampak yang ditimbulkan oleh Pertashop di Desa Bukti? Dan 3) Apakah ada kendala bagi mitra dalam mendirikan Pertashop di Desa Bukti?

Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan maksud memperoleh gambaran yang jelas tentang kemitraan Pertamina dengan usaha kecil dan menengah Pertashop di Desa Bukti. Pengambilan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan pemanfaatan dokumen. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan fakta bahwa bentuk kemitraan Pertamina dengan Pertashop meliputi jaminan asuransi, dukungan akses permodalan, pengembangan usaha, dan digitalisasi Pertashop. Dampak yang ditimbulkan meliputi dampak positif seperti pengembangan ekonomi masyarakat dan kemudahan pelayanan bahan bakar minyak (BBM), serta dampak negatif seperti terancamnya kelangsungan pedagang eceran BBM dan kebisingan suara mobil tangki. Kendala yang dihadapi pengusaha Pertashop meliputi kendala internal, yaitu permodalan dan sumber daya manusia, serta kendala eksternal, yaitu inkonsistensi perizinan yang harus dipenuhi, bebasnya pedagang pengecer BBM ilegal, dan produk Pertashop yang berupa BBM non-subsidi.

References

Bambang Riyanto, 2019. Manajemen Keuangan. Salemba Empat , Jakarta.
Bruton, Clive, David W. Storey, dan Mark J. Thompson, 2015. The Informal Sector in Developing Countries. Routledge, New York
David, Fred R., 2022. Manajemen Strategis: Teori, Kasus, dan Konsep Terbaru. Salemba Empat, Jakarta
Djakfar, Muhammad. 2012. Etika Bisnis Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Jakarta: PeneparPlus
Hafsah, Jafar. Mohammad. 2000. Kemitraan Usaha : Konsepsi dan Strategi, Cetakan Kedua, Jakarta: PT.Pustaka sinar Harapan.
Harahap, Sofyan Syafri, 2017. Manajemen BUMN: Teori dan Aplikasi di Indonesia. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta
International Finance Corporation (IFC), 2010. Micro, Small, and Medium Enterprises in Emerging Markets: How Banks Can Grasp a $350 Billion Opportunity. Penerbit: International Finance Corporation, Washington D.C.
Irwan. 2018. Dinamika dan Perubahan Sosial Pada Komunitas Lokal. Yogyakarta: Deepublish
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2020. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2018. Manajemen Kemitraan Strategis: Teori dan Implementasi. PT Refika Aditama, Bandung
Nasution, 2006. Metode Research; Penelitian Ilmiah. Bumi Aksara, Jakarta
Nurkamto, Siiti, 2018. Pengaruh Usaha Kecil Menengah (UKM) Terhadap Perekonomian Lokal. Universitas Gadjah Mada, Universitas Gadjah , Yogyakarta.
Rachmat, Budi.2004. Modal Ventura. Ghalia Indonesia, Jakarta
Rosenbloom David H., 2014. Public Administration: Understanding Management, Politics, and Law in the Public Sector. McGraw-Hill Education
Denhardt, Janet V. dan Robert B. Denhardt , 2015. The New Public Service: Serving, Not Steering Routledge, New York
Rosita, Rahmi. (2020). Pengaruh Pandemi Covid 19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis Volume 9 No 2
Sandiasa, Gede, 2012. Membangun Kepercayaan Publik Melalui Reformasi Kebijakan Di Sektor Publik. WIDYATECH Jurnal Sains dan Teknologi, P2M Universitas Panji Sakti
Sarjono, Haryadi, 2017. Ekonomi Mikro: Teori Pengambilan Keputusan oleh Rumah Tangga dan Bisnis Kecil. Salemba Empat, Jakarta.
Sugiyono, 2014. Metodelogi Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta
Suharnomo, H,2020. Manajemen Strategis BUMN. Erlangga, Jakarta.
Sumarsono, 2018. Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Suratno, Gunawan. 2004. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 Tentang BUMN
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2028 Tentang UMKM
Wijaya, A,E, 2016. Peranan BUMN dalam Perekonomian Indonesia. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta
Yustika, Ahmad Erani, 2019. Pengelolaan BUMN dalam Perekonomian Indonesia. Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.
Zaky, Ahmad, 2021. Digitalisasi Usaha Kecil dan Menengah: Peluang dan Tantangan. Penulis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Published
2024-07-19
Abstract viewed = 63 times
KEMITRAAN BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) PERTAMINA DENGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PERTASHOP DI DESA BUKTI KECAMATAN KUBUTAMBAHAN downloaded = 33 times