EFEKTIVITAS PELAYANAN SAMSAT KERTI DALAM PEMBAYARAN TUNGGAKAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI BALI

  • I Gusti Agung Bagus Rudy Sumastra Universitas Ngurah Rai
  • Ida Ayu Putu Sri Widyani Universitas Ngurah Rai
  • Nyoman Diah Utari Dewi Universitas Ngurah Rai
Keywords: Efektivitas, Samsat, Tunggakan dan Pajak Kendaraan Bermotor

Abstract

Samsat Kerti yang merupakan layanan untuk membayar tunggakan pajak kendaraan bermotor untuk pengesahan tahunan dan kendaraan aktif yang langsung menuju rumah tinggal wajib pajak yang masih tercatat sebagai tunggakan pajak dengan sepeda motor keliling, yang saat ini di hadirkan di seluruh unit-unit pelayanan UPTD PPRD kabupaten/ kota. Keberadaan Samsat Kerti diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk membayar tunggakan pajak kendaraan bermotor. Adanya permasalahan terkait pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Kerti masih terlihat jauh dari targetnya. Kondisi tersebut di atas melatarbelakangi penelitian ini dalam rangka mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan, faktor penghambat dan upaya yang dilakukan pada pelayanan Samsat Kerti dalam pembayaran tunggakan pajak kendaraan bermotor pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pelayanan, faktor penghambat dan upaya yang dilakukan pada pelayanan Samsat Kerti dalam pembayaran tunggakan pajak kendaraan bermotor pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali. Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas pelayanan Samsat Kerti dalam pembayaran tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali pendekatan sumber belum sepenuhnya efektif, pendekatan proses dan pendekatan sasaran sudah efektif. Adapun yang menjadi faktor penghambat adalah sarana prasarana seperti jaringan internet dan armada yang belum memadai. Upaya yang dilakukan meningkatkan layanan Samsat Kerti dengan menambahkan sumber daya manusia yang lebih profesional, memfasilitasi jaringan internet dan armada untuk disegala kondisi dan lingkungan, mempermudah syarat dan ketentuan samsat.

References

Almahbuby, Aziz Mahfudzy. 2021. Efektivitas Layanan Samsat Unggulan Dalam Memaksimalkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Surabaya Selatan. http://etheses.uin- malang.ac.id/29771/6/14520 026.pdf. Diakses tanggal 20 Juli 2022.

Dewi, Komang Tresia Mila. 2020. Efektifitas Pelayanan Elektronik Samsat Dalam Peningkatan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor di Provinsi Bali. Thesis Magister Administraasi Publik. Universits Ngurah Rai.

Duncan. 1973. Multiple Decision- Making Structure In Adapting To Enviromental Uncertainty: The Impact On Organizational Effectiveness. Human Relations. Volume 26
Number 3 PP.273-291.



Gie. 2012. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Hayat, 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Mardiasmo. 2018. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: ANDI.

Martini & Lubis. 2009. Efektivitas Pelayanan Publik. Jakarta: Pustaka Binaman Presindo.
Nasution, Yona Rahma Dani. 2017. Efektivitas Program Samsat Keliling Dalam Meningkatkan Partisipasi Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada UPTD Medan
Utara. http://repository.umsu
.ac.id/handle/123456789/43
43. Diakses tanggal 20 Juli
2022.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 Tentang
Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor.

Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah.

Peraturan Gubernur Bali Nomor
34 Tahun 2020 Tentang Operasi Gabungan Pajak Kendaraan Bermotor.

Sulastri. 2021. Efektivitas Pelayanan Publik Di Kantor Samsat Kota Makassar. https://digilibadmin.unismuh. ac.id/upload/18731. Diakses tanggal 20 Juli 2022.
Suharjono. 2006. Kualitas Layanan Pajak Kendaraan Bermotor Kantor Sistem Adminitrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) di kota Surakarta. Doctor Dissertation.Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses tanggal 10 Juli 2022.

Yoga, Abimayu Satria. 2019. Efektivitas layanan e- Samsat Riau dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Pekanbaru (Studi Kasus UPT Pengelolaan Pendapatan Simpang Tiga Bapenda Provinsi Riau). http://repository.uin- suska.ac.id/id/eprint/22032. Diakses tanggal 20 Juli 2022.
Published
2024-07-19
Abstract viewed = 22 times
EFEKTIVITAS PELAYANAN SAMSAT KERTI DALAM PEMBAYARAN TUNGGAKAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI BALI downloaded = 12 times