ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI DI SMK NEGERI 1 DENPASAR

  • I Gusti Nyoman Asti Nurinten SMKN 1 Denpasar
Keywords: Kualitas, Pelayanan, Tenaga Administrasi, Sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) kualitas pelayanan tenaga administrasi di SMK Negeri 1 Denpasar belum optimal; (2) kendala belum optimalnya kualitas pelayanan tenaga administrasi di SMK Negeri 1 Denpasar; (3) solusi mengatasi kendala belum optimalnya kualitas pelayanan tenaga administrasi di SMK Negeri 1 Denpasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kualitas pelayanan tenaga administrasi belum optimal ditinjau dari aspek (a) bukti fisik, (b) empati, (c) kehandalan, (d) daya tanggap (e) jaminan; (2) Kendala belum optimalnya kualitas pelayanan tenaga administrasi meliputi (a) ruang pelayanan administrasi tidak bersih dan sejuk, (b) ada pegawai administrasi sekolah yang kurang empati, (c) sering terjadi kesalahan memanggil orang tua murid, (d) ada pegawai administrasi menanggapi keluhan dengan memerlukan waktu (e) belum semua pegawai administrasi sekolah menguasai teknologi komputer khususnya pencarian file; (3) Solusi mengatasi kendala belum optimalnya kualitas pelayanan tenaga administrasi meliputi (a) harus merapikan dan membersihkan ruangan; (b) harus ditekankan masalah pribadi jangan terbawa di pekerjaan; (c) dengan mengoptimalkan data base siswa yang ada di komputer;d) ditekankan pegawai administrasi sekolah tidak membeda-bedakan urusannya; (e) pegawai administrasi sekolah yang kurang menguasai pencarian file di komputer sebaiknya diberikan

References

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips Praktis Membangun dan Mengolah Administrasi Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. 2014. Analisis dan Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.


Nawawi, Hadari. 2012. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Haji Masagung.

Parasuraman, Berry, A., Leonard L. and Valarie, Zeithaml. 2008.
“SERVQUAL: A. Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing, Vol.64, No.1, (diunduh tanggal 15 Desember 2019).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24
Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah

Purwanto, M. Ngalim. 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara.

Rohmat. 2010. Kepemimpinan Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press.

Sagala, Syaiful. 2010. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Bandung: CV. Alfabeta.

Supriadi, Oding. 2010. Pengantar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.
Published
2024-12-30
Abstract viewed = 21 times
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI DI SMK NEGERI 1 DENPASAR downloaded = 7 times