ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI DI SMK NEGERI 1 DENPASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) kualitas pelayanan tenaga administrasi di SMK Negeri 1 Denpasar belum optimal; (2) kendala belum optimalnya kualitas pelayanan tenaga administrasi di SMK Negeri 1 Denpasar; (3) solusi mengatasi kendala belum optimalnya kualitas pelayanan tenaga administrasi di SMK Negeri 1 Denpasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kualitas pelayanan tenaga administrasi belum optimal ditinjau dari aspek (a) bukti fisik, (b) empati, (c) kehandalan, (d) daya tanggap (e) jaminan; (2) Kendala belum optimalnya kualitas pelayanan tenaga administrasi meliputi (a) ruang pelayanan administrasi tidak bersih dan sejuk, (b) ada pegawai administrasi sekolah yang kurang empati, (c) sering terjadi kesalahan memanggil orang tua murid, (d) ada pegawai administrasi menanggapi keluhan dengan memerlukan waktu (e) belum semua pegawai administrasi sekolah menguasai teknologi komputer khususnya pencarian file; (3) Solusi mengatasi kendala belum optimalnya kualitas pelayanan tenaga administrasi meliputi (a) harus merapikan dan membersihkan ruangan; (b) harus ditekankan masalah pribadi jangan terbawa di pekerjaan; (c) dengan mengoptimalkan data base siswa yang ada di komputer;d) ditekankan pegawai administrasi sekolah tidak membeda-bedakan urusannya; (e) pegawai administrasi sekolah yang kurang menguasai pencarian file di komputer sebaiknya diberikan
References
Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. 2014. Analisis dan Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Nawawi, Hadari. 2012. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Haji Masagung.
Parasuraman, Berry, A., Leonard L. and Valarie, Zeithaml. 2008.
“SERVQUAL: A. Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing, Vol.64, No.1, (diunduh tanggal 15 Desember 2019).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24
Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah
Purwanto, M. Ngalim. 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara.
Rohmat. 2010. Kepemimpinan Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press.
Sagala, Syaiful. 2010. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Bandung: CV. Alfabeta.
Supriadi, Oding. 2010. Pengantar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.
Copyright (c) 2024 I Gusti Nyoman Asti Nurinten
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
-
The right to publication of all journal material published on the WIDYA PUBLIKA journal website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
-
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal of WIDYA PUBLIKA reserves the right to store, modify the format, administer in the database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
-
Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research, and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.