PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BANGLI

  • Ni Kadek Ari Setianingsih Universitas Warmadewa
  • Lilik Antarini Universitas Warmadewa
  • I Wayan Sudemen Universitas Warmadewa
Keywords: Kompensasi, Kompetensi dan Kinerja Pegawai

Abstract

Sumber daya manusia merupakan bagian yang sangat penting dalam pencapaian tujuan. Faktor tercapai atau tidaknya tujuan tergantung dari kinerja pegawainya, dalam hal ini seorang pegawai memiliki peran penting atas keberhasilan pencapaian tujuan. Setiap organisasi selalu berusaha agar produktivitas kerja pegawai dapat ditingkatkan. Untuk itu pemimpin perlu mencari cara dan solusi guna menimbulkan kinerja para pegawai. Hal itu penting, sebab kinerja mencerminkan kesenangan yang mendalam terhadap pekerjaan yang dilakukan sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dan hasil yang lebih baik dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kompensasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Bangli. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain asosiatif yaitu suatu penelitian yang memiliki pengaruh satu variabel terhadap variabel lain atau mengetahui hubungan antara variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Bangli. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 68 responden. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi product moment, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai serta kompensasi dan kompetensi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain.

References

Bahrial, S. (2021). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja
Pegawai KPU Kabupaten Banyuasin. Integritas Jurnal Manajemen Profesional. (2)
1, 15-26.

Candra, A. (2020). Pengaruh Motivasi, Kompensasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pengelola Kearsipan Yang Ada Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. (5) 1, 815-825.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Handoko. 2017. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Indriantoro, N. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja
Rosdakarya.

Rivai, V. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke
Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sriwahyuni, A. (2022). Pengaruh Motivasi, Kedisiplinan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Balai Besar Pendidikan Dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makassar Di Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmu Ekonomi. (5) 1, 137-
150.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif
Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Swatiningsih, K. S. (2016). Statistik Deskriptif Konsepsi Dan Aplikasi. Denpasar: Asosiasi
Ilmu Politik Indonesia Cabang Bali.

Umar, H. (2003). Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama.

Wibowo. (2016). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Wirawan, N. (2017). Cara Mudah Memahami Statistik 2. Denpasar: Keraras Emas.
Yani, L. S. (2020). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Disiplin Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tapak Tuan. Jurnal Magister Manajemen. (2) 1, 85-92.
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 19 times
PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BANGLI downloaded = 10 times