EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS DI KELURAHAN SESETAN KOTA DENPASAR

  • Ida Ayu Agung Nusantari Universitas Ngurah Rai
  • Ida Ayu Putu Sri Widnyani Universitas Ngurah Rai
  • I Made Kartika Universitas Ngurah Rai
Keywords: Efektivitas, Pelayanan Publik, Penyandang Disabilitas

Abstract

Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar dalam pelayanan pemerintahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam memberikan pelayanan publik, Kelurahan Sesetan akan mengacu pada standar pelayanan publik Kelurahan Sesetan. Adanya permasalahan terkait efektivitas pelayanan publik terhadap penyandang disabilitas di Kelurahan Sesetan Kota Denpasar,  kondisi tersebut melatarbelakangi penelitian ini dalam rangka mengetahui  bagaimanakah efektivitas, kendala  dan strategi yang dilakukan  dalam meningkatkan efektivitas pelayanan publik terhadap penyandang disabilitas di Kelurahan Sesetan Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas, kendala dan strategi yang dilakukan dalam meningkatkan efektivitas pelayanan publik terhadap penyandang disabilitas di Kelurahan Sesetan Kota Denpasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan publik terhadap penyandang disabilitas di Kelurahan Sesetan Kota Denpasar dilihat dari indikator pencapaian tujuan sudah efektif, namun dilihat dari indikator integritas dan adaptasi belum sepenuhnya efektif. Adapun yang menjadi kendala adalah belum memiliki standar operasional prosedur pelayanan khusus untuk disabilitas, belum melakukan sosialisasi dan sarana prasarana pendukung belum memadai. Stategi yang dilakukan adalah perlu menyususn dan menetapkan SOP khusus untuk pelayanan penyandang disabilitas serta mensosialisasikan kepada masyarakat dan pemenuhan sarana prasarana penunjang yang belum memadai.

References

A. BUKU

Bungin & Burhan. 2018. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Beni. 2016. Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Buku 1. Jakarta Pusat: Taushia.

Basuki. 2018. Administrasi Publik:Telaah Teoretis dan Empiris. Depok: Rajawali Pers.

Dio Ashar, at.al. 2019. Panduan Penanganan Perkara Penyandang Disabilitas Berhadapan Dengan Hukum. Jakarta : MAPPI FHUI.

Dwiyanto, A. 2015. Manajemen Pelayanan Publik; Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hayat. 2019. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rajawali Pers.

Indrawijaya. 2010. Teori, Perilaku, Dan Budaya Organisasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Makmur. 2015. Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: Refika Aditama.

Mukarom, Zainal & Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Public Relations. Bandung: Pustaka Setia.

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Kedua.Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mardiasmo. 2018. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: ANDI.

Muasaroh. 2010. Aspek-Aspek Efektivitas. Yogyakarta: Literatur Buku.

Pasolong, Harbani. 2013. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Ravianto. 2014. Produktivitas dan Manajemen. Jakarta: Penerbit LSIP.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sanaswati & Yulianti. 2017. Plementasi Pengukuran Value For Money Di Baznas Kota Madiun.

Spradley. 1997. Metode Etnografi. Yogyakarta : PT Tiara Wacana Yogya.

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Steers, Richard M. 1985. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Tika. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Bhumi Aksara.

Tersiana, Andra. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Umam, Khaerul. 2012. Manajemen Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : prenadamedia group.


B. JURNAL/PENELITIAN

Duncan. 1973. Multiple Decision-Making Structure In Adapting To Enviromental Uncertainty: The Impact On Organizational Effectiveness. Human Relations. Volume 26 Number 3 PP.273-291. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Hayati, Inas. 2019. Penyandang Disabilitas dalam Pandangan Al-Qur’an. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Ar-Raniry Darussalam

Kartono, at. al. 2022. Otonomi Daerah dan Efektivitas Pelayanan Publik di Kelurahan Pakualam Serpong Utara Tangerang Selatan. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Nurmani, Pita. 2021. Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kelurahan Tegalsari Kecamatan Candisari Kota Semarang. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Nur’aini, Andi. 2021. Efektivitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau Kabupaten Buol. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Nirmala, at. al. 2020. Efektivitas Pelayanan Publik di Dinas Perumahan Permukiman Dan Pertanahan Kabupaten Bulukumba. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Mustami. 2020. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Idaarah, IV (1), 45-46.

Masykur & Ghofur. 2019. Pendidikan Penyandang Disabilitas dalam Al-Qur’an. Jurnal Tarbawi, 2.

Pratama. 2020. Efektivitas Inovasi Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu (Studi Inovasi Mobil Senyum, PKK Penak, dan 3 In 1). Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Purnamasari & Lestariono. 2021. Efektivitas Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Mungku Baru Kecamatan Rakumpit Kota Palangka Raya. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Pawestri, Aprilina. 2017. Hak Penyandang Disabilitas dalam Perspektif Ham Internasional dan Ham Nasional. Jurnal Era Hukum, 2 (1), 164-182.

Rahma, at.al. 2022. Efektivitas Pelayanan Informasi Melalui Website Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Rifai, Ahmad. 2018. Efektivitas Pelayanan Publik di Kelurahan Babakan Kalanganyar Kecamatan Pandeglang. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Suryani, Evi. 2016. Efektivitas Pemungutan PBB Dinas Pendapatan Kabupaten Pesawaran Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Skripsi, Bandar Lampung, Universitas Lampung. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Saragih & Ansi. 2020. Efektivitas Penggunaan WhatsApp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan, 207-212. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Savinatunazah, Vina. 2018. Efektivitas Pelayanan Perizinan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Silaban, Himsar. 2017. Efektivitas Pelayanan Publik pada Kantor Kelurahan Kota Bambu Utara Kecamatan Palmerah Jakarta Barat. Diunduh tanggal 20 Mei 2023.

Siregar, N. F. 2018. Efektivitas Hukum. Al-Razi, 18(2), 1-16.

C. PERATURAN

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Pembukaan.

Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

Surat Keputusan Kepala Kelurahan Sesetan Nomor 188.4/04/III/Sesetan/2022 Tentang Standar Pelayanan Publik Kelurahan Sesetan.


D. Online
Kamus Besar Bahasa Indonesia, https://kbbi.web.id/penyandang.html diakses pada 8 Juni 2023.

Muqovvah, Septiandita Arya. 2020. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pelayanan-publik-bagi-penyandang-disabilitas. diakses pada 8 Juni 2023
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 124 times
EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS DI KELURAHAN SESETAN KOTA DENPASAR downloaded = 75 times