NILAI PUBLIK DALAM PROGRAM KERJA PENGADUAN RAKYAT ONLINE DENPASAR BERBASIS SMART CITY (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar)

  • Elisa Octa Agus Putri Universitas Warmadewa
  • Lilik Antarini Universitas Warmadewa
  • I Gusti Agung Ayu Yuliartika Universitas Warmadewa
Keywords: Pro Denpasar, Nilai Publik, Kota Pintar

Abstract

Kota Denpasar sebagai salah satu kota di Indonesia, menjadikan konsep kota pintar sebagai sebuah kota pioner, yaitu kota pintar Denpasar. Pemerintah Kota Denpasar telah melakukan proses digitalisasi  dan  komputasi  dalam  beberapa bidang terutama pemerintahan  dengan harapan akan menciptakan suatu pemerintahan yang lebih terbuka, mendorong partisipasi serta peran aktif masyarakat dalam pembangunan dan pengelolaan kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pulbik dalam program kerja penaduan rakyat online berbasis kota pintar pada Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Unit analisis dari penelitian ini berjumlah 5 informan. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui 3 (tiga) teknik yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengaduan masyarakat online di Kota Denpasar memiliki banyak dampak positif bagi masyarakat dan pemerintah, termasuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi penyelesaian pengaduan, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, meningkatkan  partisipasi  masyarakat  dalam  pengambilan  keputusan,  dan  menyediakan layanan yang efektif dan mudah diakses. Dalam hal inovasi, situs web dan aplikasi PRO Denpasar menyediakan akses bagi warga untuk menyampaikan keluhan, memberikan umpan balik, dan mengakses informasi tentang layanan publik di berbagai bidang. Temuan dalam penelitian ini terkait dengan program kerja pengaduan rakyat online berbasis kota pintar pada Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Denpasar telah memenuhi harapan nilai publik meliputi dampak, efisiensi, keadilan, inovasi, kualitas dan kepercayaan.

References

Althunibat, A., Binsawad, M., Almaiah, M.
A., Almomani, O., Alsaaidah, A., Al-Rahmi, W., & Seliaman, M. E. (2021). Sustainable applications of smartgovernment services: A model to understand smart-government adoption. Sustainability, 13(6),
3028.
Cohen, B. (2012). The Top 10
Smart Cities On The Planet.
https://www.fastcodesign.com/167
9127/the-top-10-smart- citiesontheplanet.
Giffinger, R., 2007. Smart cities – Ranking of European medium-sized cities. Centre of Regional Science, pp. 1-
25.
Ghozali, 2016. Metodologi Penelitian, Semarang, Undip Greg Parston (2016) Unlocking Public Value: A New Model for Archieving High Performance in Public Service Organizations.
Hardiyansyah, (2018). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya, Gava Media, Yogyakarta
Hayat. 2017, Manajemen Pelayanan Publik, Depok: PT Raja Grafindo Persada
Insani, P. A. (2017). Mewujudkan Kota Responsif Melalui Smart City. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 25-31.
Kankanhalli, A., Charalabidis, Y., & Mellouli, S. (2019). IoT and AI for smart government: A research agenda. Government Information Quarterly, 36(2), 304-309.
Lim, Y., Edelenbos, J., & Gianoli, A. (2019). Identifying the results of smart city development: Findings from systematic literature review. Cities, 95, 102397.

Moleong, Lexy J. 2018. Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Moore, Mark H. (2017). Creating Public Value Strategic Management In Government. Cambridge, Massachussets London England: Harvard University Press.
Mulyadi, Deddy. (2015). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Paiva, S., Ahad, M. A., Tripathi, G., Feroz, N., & Casalino, G. (2021). Enabling
technologies for urban smart mobility: Recent trends, opportunities and challenges. Sensors, 21(6), 2143.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih, (2018).
Manajemen Pelayanan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Ruru, E., Lengkong, F. D., & Mambo, R. (2020). Implementasi Program Digital Government Smart City Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 6(95).
Sae Niki, (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang Bebas Korupsi, Kolusi dan Nipotisme, CV. Eko Jaya Mitra Utama.
Sari, R. F. (2018). Menilik Aplikasi Qlue Jakarta Smart City: Dinamika Transformasi Khalayak Dalam Perspektif Ruang Publik. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 22(2), 518096.
Schiff, D. S., Schiff, K. J., & Pierson, P. (2021). Assessing public value failure in government adoption of artificial intelligence. Public Administration.
Setijaningrum, Erna. (2019). Inovasi Pelayanan Publik. Surabaya: PT. Medika Aksara Globalindo.
Twizeyimana, J. D., & Andersson, A. (2019). The public value of E- Government– A literature review. Government information quarterly,
36(2), 167-178.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Valle-Cruz, D. (2019). Public value of e- government services through emerging technologies. International Journal of Public Sector Management.

Wibowo, H. A. (2018). Model of Academic Role in Supporting Smart City Implementation in Serang City. JurnalKebijakan Pembangunan Daerah, 2(1), 29-
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 96 times
NILAI PUBLIK DALAM PROGRAM KERJA PENGADUAN RAKYAT ONLINE DENPASAR BERBASIS SMART CITY (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar) downloaded = 77 times