ANALISIS PENYUSUNAN PERENCANAAN DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: Evaluasi Perencanaan Penganggaran pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali Sesuai Target Dalam RKPD dan Renja Tahun 2021)

  • Gede Teguh Dedy Saputra
Keywords: Dokumen Perencanaan, RKPD, Renja Bappeda, Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis Penyusunan Perencanaan Dalam Situasi Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Evaluasi Perencanaan Penganggaran pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali yang Tertuang Dalam RKPD dan Renja Bappeda Tahun 2021). Metode penelitian deskriptif kualitatif menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari data primer dan sekunder. Data tersebut dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan Study kepustakaan. Penelitian ini dikaji dengan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah yang menyebutkan Penyelenggaraan tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi rencana daerah dilakukan dengan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, atas-bawah (top down) dan bawah-atas (bottom up). Hasil yang ditemukan adalah pengaruh Dinamika Kegiatan Birokrasi karena terdampak Pandemi Covid-19 mengakibatkan adanya pergeseran dan perubahan baik pada kegiatan maupun anggarannya untuk disesuaikan dengan kondisi pada tahun 2021 tersebut. Kondisi ini mengakibatkan evaluasi capaian Kinerja dan Anggaran pada Bappeda Provinsi Bali tidak maksimal pada beberapa sub kegiatan. Menindaklanjuti temuan ini maka perlu dilakukan evaluasi bersama dalam menyikapi penyusunan dokumen perencanaan internal Bappeda sehingga mencapai target yang maksimal pada akhir tahun anggaran.

References

Buku :
Arikunto, Subharsimi. (2013), Manajemen Penelitian. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Bappeda Provinsi Bali. (2021). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, Denpasar : Cahaya Dewata.
Edwards III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington: Cogressional Quaerterly Inc
Keraf, Gorys. (2004). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah.
Komarudin, (1994). Ensiklopedia Manajemen. Jakarta, Bumi Aksara.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta, Bandung.

Jurnal :
Bappeda Provinsi Bali. (2021). Capaian Kinerja Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan sesuai target. Bali.
Bappeda Provinsi Bali. (2021). Rencana Kerja Bappeda Provinsi Bali Tahun 2021. Bali.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Laporan Harian Covid19 Tanggal 31 Maret 2020. Jakarta.
Maulida, Dina., Kalalinggi, Rita., Dyastari, Letizia. (2017). Rencana Strategi (Renstra) Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Dalam Meningkatkan Sarana Prasarana Tata Ruang Di Kota Bontang, eJournal Ilmu Pemerintahan, 6 (1): 399-410.
Muhyiddin. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning.

Peraturan :

Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 sistem perencanaan Pembangunan Nasional. Lembaga Negara Republik Indonesia, Jakarta.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, Pemerintahan Daerah. Lembaga Negara Republik Indonesia, Jakarta.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. Lembaga Negara Republik Indonesia, Jakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Lembaga Negara Republik Indonesia, Jakarta.
Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Provinsi Bali Tahun 2018-2023. Bali
Peraturan Gubernur Bali Nomor 58 Tahun 2019, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Provinsi Bali. Bali.
Published
2023-06-29
Abstract viewed = 312 times
ANALISIS PENYUSUNAN PERENCANAAN DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: Evaluasi Perencanaan Penganggaran pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali Sesuai Target Dalam RKPD dan Renja Tahun 2021) downloaded = 192 times