KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DAN GURU PADA SMAN 1 KEDIRI, KABUPATEN TABANAN

  • Sayu Komang Suryadi
Keywords: Kualitas, Pelayanan, Pegawai, Guru, Sekolah Menengah Atas Negeri

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) alasan kualitas pelayanan pegawai dan guru di SMAN 1 Kediri, Kabupaten Tabanan belum optimal; dan (2) faktor-faktor sebagai penyebab belum optimalnya kualitas pelayanan pegawai dan guru di SMAN 1 Kediri, Kabupaten Tabanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Alasan kualitas pelayanan pegawai dan guru di SMAN 1 Kediri, Kabupaten Tabanan belum optimal ditinjau dari (a) faktor tidak berwujud; (b) faktor tidak terpisahkan; (c) faktor bervariasi; (d) faktor mudah musnah; dan (e) faktor membutuhkan keterlibatan siswa; dan (2) Faktor-faktor sebagai penyebab belum optimalnya kualitas pelayanan pegawai dan guru di SMAN 1 Kediri, Kabupaten Tabanan ditinjau dari (a) penyebab dari faktor tidak berwujud dalam hal kesadaran terhadap pengutamaan tugas, kesadaran terhadap prinsip pengelolaan dan terhadap prinsip efisiensi dan efektivitas; (b) penyebab dari faktor tidak terpisahkan dalam hal pelayanan sekolah kepada peserta didik; (c) penyebab dari faktor bervariasi dalam hal organisasi sekolah yang seringkali berubah-ubah; (d) penyebab dari faktor mudah musnah dalam hal kesulitan dalam mengakses pelayanan di luar pelayanan proses belajar mengajar; dan (e) penyebab dari faktor membutuhkan keterlibatan siswa dalam hal kemampuan dan keterampilan siswa sangat menentukan berhasilnya pelayanan sekolah serta tidak hanya tergantung dari kemampuan dan keterampilan siswa saja. Metode mengajar guru, pengetahuan guru, kompetensi guru dan tidak kalah pentingnya kesiapan pegawai lainnya selain guru, juga menentukan keberhasilan sekolah.

References

Buku
Hasibuan, Malayu. 2015. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi ke Dua. Jakarta: Salemba Empat.
Parasuraman, A. 2014. The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey : Prentince Hall.
Pasolong, Harbani. 2012. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Rohmat. 2016. Kepemimpinan Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press.
Sanjaya, Wina. 2020. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2014. Pedoman Praktis Mengajar. Bandung: Dermaga.
Sugiyono. 2017. Struktural Equation Modeling: Teori, Konsep dan Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Supranto. 2017. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Wijaya, Toni. 2017. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT INdeks.
Yamit, Zulian. 2015. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Zahiah, Mantik Sari. 2017. Kualitas Pelayanan Pegawai Tata Usaha. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Makalah/Jurnal
Ambarwati, Agatha Reni. 2019. “Kepuasan Siswa terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMA Negeri V Yogyakarta”. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, Vol.2, No.3.
Anshar, Moh. 2021. “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Peserta Didik di SMA Negeri II Bandar Lampung”. Jurnal Birokrasi, Kebijakan dan Pelayanan Publik, Vol.5, No.3.
Apriyanto, Danang. 2019. “Analisis Kualitas Layanan Pendidikan dengan Menggunakan Integrasi Metode Servqual dan QFD: Studi Kasus Sekolah Yasporbi”. Jurnal Administrasi Pembangunan, Vol.5, No 2.
Budiyanto, Hari Tri. 2018. “Analisis Kualitas Layanan Jasa Pendidikan SMA Krista Mitra Semarang”. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol.3, No.1.
Ferdiansyah, Herman. 2019. “Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan terhadap Kepuasan Konsumen di SMA Negeri III Palembang”. Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik, Vol.7, No.2.
Fiandi, Yudi Uni, Sudirman AM, dan Marzuki Noor. 2021. “Kualitas Layanan Pendidikan di SMK Muhammadiyah Braja Selabah Lampung Timur (Studi Kasus di SMK Muhammdaiyah Braja Selebah)”. Poace: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan, Vol. 1, No. 2.
Herpikus. 2012. “Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal Sekolah Dasar di Kabupaten Sanggau”. Jurnal Publika, Vol.1, No.1.
Irawan, Bambang. 2019. “Kualitas Layanan Pegawai Administrasi Sekolah dan Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Batang”. Jurnal Natapraja, Vol.2, No.1.
Manriquez, Javiera and Karis Pereira. 2018. “Satisfaction With Dental Care. A Review Of The Literature”. International Journal Med Surg. Sci, Vol.5, No.1.
Parasuraman, Berry, A., Leonard L. and Valarie, Zeithaml. 2018. “SERVQUAL: A. Mutiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Rtailing, Vol.64, No.1.
Purwanto, Andi. 2019. “Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi, Guru, dan Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Pelajar di SMA Negeri I Medan”. Jurnal Administrasi Publik, Vol.III, No.5.
Satriadi, Tubel Agusven, dan Surya Kusumah. 2018. “Kualitas Pelayanan Publik Sektor Pendidikan (Studi Pelayanan Program Dana Bos Tingkat SMA pada Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang)”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Tanjung Pinang, Vol.2, No.1.
Setyaningsih, Rini. 2018. “Kualitas Pelayanan Pegawai Tata Usaha dan Kepuasan Siswa SMA Internasional Budi Mulia Dua (BMD) Yogyakarta”. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Mitra Bestari, Vol.3, No.5.
Sriyanto, Muhammad. 2018. “Analisis Kualitas Pelayanan pada SMK Antonius Semarang”. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol.3, No. 2.

Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Internet
https://scholar.ummetro.ac.id, diakses pada tanggal 12 Juni 2022.
Published
2023-06-29
Abstract viewed = 227 times
KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DAN GURU PADA SMAN 1 KEDIRI, KABUPATEN TABANAN downloaded = 83 times