ANALISA KELAYAKAN SISTEM SUPLESI AIR IRIGASI DENGAN POMPA HIDRAM

  • I Wayan Diasa Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: pompa hidram, debit supply, debit demand, kelayakan ekonomi

Abstract

Air untuk keperluan irigasi makin menipis seiring perubahan iklim dan kebutuhan air baku penduduk. Pemanfaatan sistem pompa Hidram dipandang perlu untuk dipertimbangkan sebagai alternatif untuk pemenuhan air irigasi terutama pada bagian hilir dari sungai yang melayani jaringan irigasi teknis. Biasanya tipe sungai yang disadap adalah sungai yang mengalirkan air sepanjang tahun (ferrrenial). Dalam studi ini yang akan diangkat sebagai studi kasus adalah pada Subak Banyumala pada Daerah aliran Sungai (DAS) Tukad Banyumala di Kota Singaraja.Luas lahan sawah potensial pada subak Banyumala adalah 101 ha dengan lahan fungsional adalah 70 ha,masih banyak lahan yang perlu dimanfaatkan dengan melakukan suplesi sistem pompa hidram sehingga lahan sawah fungsional masih bisa berproduksi saat musim kering.
Kebutuhan air irigasi diasumsikan sebesar 1.5 lt/dt/ha dan debit kebutuhan pelayanan (Qs) besarnya 65% dari debit kebutuhan sawah (Qd) atau Qs = 65%Qd, maka pola tanam akan dapat berjalan optimal berupa padi-padi-palawija tanpa sistem rotasi/bergilir.
Berdasarkan hasil analisa menunjukan bahwa kebutuhan total air irigasi sebesar sebesar 105 lt/dt/70ha dan debit tersedia adalah 65 lt/dt, terjadi defisit debit sebesar 40 lt/dt, kekuranganini akan disuplessi denga,n sistem hidram memakai pompa 4 unit yang masing-masing debitnya sebesar 2.9 lt/dt dan total debit yang dihasilkan adalah 11.6 lt/dt. Besar debit suplai sebesar 76.6 lt/dt dan debit deman sebesar 65%*105 = 68.25 lt/dt, sistem pompa hidram mampu memenuhi kebutuhan air pada sawah potensial untuk pola tanam pada musim kering. Dari analisa ekonomi proyek, Pembangunan Sistem Pompa Hydram cukup layak dimana berdasarkan analisa kelayakan ekonomi dengan intrest rate 12% diperoleh komponen kelayakan proyek adalah; NPV adalah positif, BCR = 1.55 dan IRR = 17.1 %.

Published
2017-09-29
How to Cite
Diasa, I. W. (2017). ANALISA KELAYAKAN SISTEM SUPLESI AIR IRIGASI DENGAN POMPA HIDRAM. Jurnal Teknik Gradien, 9(1), 215-228. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/96
Section
Articles
Abstract viewed = 265 times
downloaded = 247 times