ANALISA KINERJA BIAYA DAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE KONSEP NILAI HASIL (EARNED VALUE CONCEPT) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Ruang Kelas Baru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), Amlapura , Kabupaten Karangasem)

  • Ida Bagus Gede Indramanik Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Univesitas Ngurah Rai
  • Ni Kadek Astariani Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Univesitas Ngurah Rai
  • I Wayan Sudiarsana Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Univesitas Ngurah Rai

Abstract

 

              Tuntutan untuk dapat menyelesaikan proyek yang efektif dan efisien berdasarkan waktu, mutu dan biaya yang telah direncanakan memerlukan suatu pelaksanaan manajemen proyek yang baik. Proses pengendalian proyek memegang peranan yang sangat penting untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan proyek. Pembangunan ruang kelas baru Madrasah Tsanawiyah Negeri Karangasem dipilih sebagai studi karena diawal pelaksanan proyek sudah nampak terjadi penyimpangan-penyimpangan dari sisi waktu. Teramati minggu ke-2,3 dan 4 terjadi keterlambatan dan terjadinya permasalahan menyangkut upah borongan pekerjaan. Penelitian  dilakukan dalam rangka mengkaji kinerja biaya dan waktu serta untuk mengetahui perkiraan keuntungan atau kerugian proyek pada akhir penyelesaian proyek. Earned Value Concept merupakan metode yang digunakan pada studi kasus ini. Data yang digunakan RAB, time schedulle, laporan kemajuan pekerjaan dan laporan keuangan proyek. Dari hasil analisis, kinerja biaya dari proyek yang diteliti sangat baik. Hal ini terlihat dari indikator CPI yaitu 1,057 (CPI > 1) pada akhir penyelesaian proyek yang memiliki makna biaya aktual yang dikeluarkan lebih kecil dari nilai pekerjaan yang didapat. Kinerja waktu dari proyek sangat baik. Indikator yang menyatakannya yaitu didapatkannya nilai SPI yaitu 1,000 (SPI = 1 ) yang memiliki makna kinerja proyek sama dengan jadwal rencana. Baiknya kinerja biaya dan waktu dari pelaksanaan proyek mengakibatkan kontraktor mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 144,685,050.00.

Published
2022-10-31
How to Cite
Indramanik, I. B. G., Astariani, N. K., & Sudiarsana, I. W. (2022). ANALISA KINERJA BIAYA DAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE KONSEP NILAI HASIL (EARNED VALUE CONCEPT) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Ruang Kelas Baru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), Amlapura , Kabupaten Karangasem). Jurnal Teknik Gradien, 14(02), 37-48. https://doi.org/10.47329/teknikgradien.v14i02.938
Abstract viewed = 12 times
downloaded = 14 times