KOMPLEKS GELANGGANG OLAHRAGA DI KABUPATEN GIANYAR

  • Agus Wiryadhi Saidi Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • Anak Agung Gede Panji Indrajaya
Keywords: Kesehatan, Gelanggang, Olahraga

Abstract

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat penting bagi perkembangan fisik maupun mental masyarakat. Olahraga bukan hanya sekedar kegiatan untuk memperoleh kebugaran fisik saja, tetapi juga diharapakan mampu memberikan perbaikan dari sisi mental dan ekonomi masyarakat. Kegiatan olahraga sangatlah dibutuhkan bagi masyarakat modern sekarang ini untuk menghilangkan stres atau kejenuhan yang ada setelah berhari – hari melakukan aktivitas perkantoran.

Kabupaten Gianyar banyak memiliki perkumpulan olahraga seperti tenis meja, atletik, bola volly, bulutangkis, sepak bola, pencak silat, basket dan tenis lapangan. Banyak atlet dan organisasi olahraga dari Gianyar memiliki prestasi yang baik di kancah nasional. Peningkatan minat masyarakat terhadap olahraga ini sendiri tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas dan kuantitas fasilitas olahraga di Kabupaten Gianyar bahkan terjadi kecenderungan menurunya kualitas fasilitas olahraga karena kurangnya perawatan. Menghadapi fenomena tersebut, perlu diciptakan suatu kompleks gelanggang olahraga yang berkualitas dan mampu menampung aktifitas masyarakat dan atlet yang ingin berolahraga.

Dalam perencanaannya, sebuah kompleks gelanggang olahraga haruslah benar-benar direncanakan secara matang, dan disesuaikan dengan tuntutan olahraga masyarakat modern sekarang ini. Pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam merencanakan pembangunan kompleks gelanggang olahraga yaitu pendekatan studi tentang literatur tentang gedung olahraga, tentang apa saja yang ada di gedung olahraga, dan kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di gedung olahraga. Dengan pendekatan-pendekatan tersebut akan dapat lebih memudahkan dalam penyusunan dalam program perencanaan yang nantinya menghasilkan ruang yang dibutuhkan beserta besarannya, organisasi ruang serta kebutuhan site untuk pengembangan gedung olahraga yang direncanakan.

Untuk mewujudkan bangunan yang mencerminkan sebuah gedung olahraga diperlukan konsep perancangan bangunan telah  memasukan unsur tema dan konsep dasar yang telah diinginkan, sehingga kompleks gelanggang olahraga dapat berfungsi sebagai tempat berolahraga dengan baik dan sekaligus sebagai sarana rekreasi olahraga bagi masyarakat modern sekarang ini.

Published
2019-05-07
How to Cite
Saidi, A., & Indrajaya, A. A. G. (2019). KOMPLEKS GELANGGANG OLAHRAGA DI KABUPATEN GIANYAR. Jurnal Teknik Gradien, 10(2), 103-114. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/53
Section
Articles
Abstract viewed = 239 times
KOMPLEKS GELANGGANG OLAHRAGA DI KABUPATEN GIANYAR downloaded = 0 times