ANALISIS KARAKTERISTIK TEKNIK GEOSYNTHETICS UNTUK PERENCANAAN

STUDI KASUS KAWASAN PANTAI LEBIH DI KABUPATEN GIANYAR

  • I Made Sudarma
Keywords: tanah pasir, diameter butirannya bervariasi, derajat kejenuhan pasir basah, permeabilitas tanah pasir besar

Abstract

Masalah abrasi dan erosi sering terjadi pada pantai atau sungai, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik abrasi dan erosi. Untuk menanggulanginya dengan perencanaan yang teliti dan perlu diketahui bagaimana memilih bahan geosynthetics. Pada penggunaannya, karena bentuk geosynthetics dapat dibagi menjadi geotextile, geomembrane, geolinear element, geogrid dan geocomposite. Pilihan bahan tersebut umumnya berdasarkan karakteristik teknik bahan geosynthetics. Karakteristik teknik tersebut meliputi antara lain karakteristik fisis (physical characteristics), mekanis (mechanical characteristics), dan hidrolis (hydraulic characteristics).

Pada Kawasan Pantai Lebih di Kabupaten Gianyar dipergunakan tempat pariwisata, pemukiman, persawahan, lahan perkebunan dan kegiatan keagamaan secara umum yang memeluk Agama Hindhu. Abrasi pada pantai mengakibatkan kerusakan yang terjadi pada fasilitas umum maupun harta benda milik masyarakat.Untuk meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh abrasi.

Karakteristik tanahnya dengan topografi datar, subur dan sebagian tanah bercampur dengan pasir yang berwarna coklat, sedangkan pada lapisan atas memiliki komposisi sebagian besar tanah pasir dengan diameter butirannya bervariasi, derajat kejenuhan pasir basah, sebagian kerikil, batu – batu yang mempunyai bongkahan besar dan campur dengan tanah, permeabilitas tanah pasir besar.

 Penanggulangan abrasi pada Pantai Lebih Kabupaten Gianyar  mempergunakan Geotextile dengan karakteristik yaitu : Geotextile Woven yang mempunyai Tensile Strength 8 – 800 (kN/m2), Maximum Extension σ = 5 – 35 (kN/m2), Apparent Opening Size(AOS) = 0.05-2.50 mm, Volume Water permeability = 5-2000  litres/m2/S*, Unit Weight =100-1300  g/m2.

Published
2020-12-12
How to Cite
Sudarma, I. M. (2020). ANALISIS KARAKTERISTIK TEKNIK GEOSYNTHETICS UNTUK PERENCANAAN. Jurnal Teknik Gradien, 12(1), 16-27. https://doi.org/10.47329/teknikgradien.v12i1.444
Section
Articles
Abstract viewed = 141 times
ANALISIS KARAKTERISTIK TEKNIK GEOSYNTHETICS UNTUK PERENCANAAN.pdf downloaded = 138 times