LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS NARKOTIKA DI BALI

  • Anak Agung Gede Putra Dananjaya Alumni Prodi Teknik Arsitektur Universitas Ngurah Rai
  • Agus Wiryadhi Saidi Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • Ngakan Putu Ngurah Nityasa Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: lembaga kemasyarakatan, narkotika, rehabilitasi

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika merupakan suatu tempat yang mewadahi kegiatan rehabilitasi, perawatan, pembinaan sikap dan moral, pelatihan dan keterampilan, reintegrasi hidup antara narapidana dengan masyarakat dengan kegiatan rehabilitasi terhadap narkotika khususnya, dilengkapi dengan fasilitas penunjang agar kegiatan yang diwadahi dapat berjalan dengan lancar, akan tetapi dalam kenyataanya Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika yang ada belum sepenuhnya memiliki fasilitas penunjang kegiatan yang ideal sehingga kegiatan yang berlangsung di dalamnya tidak berjalan dengan baik.

Dalam pengadaan wadah ini terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi, seperti bagaimana menciptakan lingkungan yang terbatas dengan keamanan yang tinggi tetapi tidak membuat narapidana menjadi terintimidasi dan tertekan, bagaimana menyusun dan merencanakan spesifikasi, tema, program dan konsep perancangan yang sesuai.

Untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi, maka digunakan beberapa metode seperti metode kepustakaan, wawancara dan observasi dalam pengumpulan data, kemudian dianalisa sehingga dapat menciptakan suatu spesifikasi umum dan khusus dalam kaitannya dengan Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika di Bali. Dari perpaduan standar perancangan, kajian terhadap proyek sejenis, terciptalah program ruang, program site, konsep dasar “Secure” dan “Rehabilitatif” serta perpaduan antara tema analogi “Air” dengan “Arsitektur Regional” dalam hubungannya dengan lokasi site dan perancangan bangunan yang diharapkan nantinya wadah ini memiliki fasilitas yang lengkap sehingga dapat menampung seluruh kegiatan yang diwadahi secara optimal.

Published
2017-03-31
How to Cite
Dananjaya, A. A., Saidi, A., & Nityasa, N. P. (2017). LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS NARKOTIKA DI BALI. Jurnal Teknik Gradien, 9(1), 107-122. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/147
Section
Articles
Abstract viewed = 58 times
downloaded = 32 times