ANALISIS KINERJA LALU LINTAS PADA BUNDARAN SIMPANG TOL - BANDARA NGURAH RAI TUBAN, BALI

  • Putu Open Adnyana Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Ngurah Rai
  • Gede Sumarda Universitas Ngurah Rai
  • Ni Kadek Astariani Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: bundaran, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan

Abstract

Bundaran Simpang Tol - Bandara Ngurah Rai merupakan bundaran tak bersinyal dengan 4 (empat) lengan. Bundaran tersebut melayani arus lalu lintas yang berasal dari dan menuju Patung Ngurah Rai, Nusa Dua, Jalan Tol Bali Mandara dan Bandara Ngurah Rai.Beberapa masalah yang terdapat pada bundaran tersebut sering terjadi tundaan. Hal tersebut dikarenakan terjadinya mix traffic karena seluruh jenis kendaraan tanpa terkecuali yang membuka peluang terjadinya kemacetan, kemudian juga tingkat pemahaman pengemudi yang tidak sama tentang aturan yang berlaku di bundaran tak bersinyal yang selalu berebut masuk ke bagian jalinan (circulating flow) yang dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada bundaran. Pada penelitian ini akan dianalisa tingkat pelayanan kinerja Bundaran Simpang Tol – Bandara Ngurah Rai Tuban, Bali bila ditinjau dari segi besaran nilai derajat kejenuhan (DS, Degree of Saturation).

Metode penelitian mencakup langkah-langkah dalam pelaksanaan penelitian dari awal sampai akhir.Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam melakukan analisis kinerja pada bundaran diawali dengan mengumpulkan data-data yang diperlukan (data primer dan data sekunder).Data primer adalah data yang diperoleh dari hasil survey di lapangan. Survey data primer yang akan dilakukan adalah survai Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) pada masing-masing lengan bundaran dan survey hambatan samping. Data sekunder adalah data yang tidak diperoleh secara langsung dari hasil survey di lapangan namun dapat diperoleh dari pemerintah atau instansi yang terkait sebagai penunjang data (pelengkap). Data tersebut diantaranya : kondisi geometrik jalan, geometrik bundaran dan ukuran kota. Proses analisa data dilakukan setelah seluruh data yang diperlukan untuk perhitungan telah terkumpul. Adapun proses analisa tersebut sesuai dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Analisa yang dilakukan untuk mendapatkan nilai Kapasitas Bundaran, besarnya Derajat Kejenuhan DS (Degree of Saturation) dan menentukan Tingkat Pelayanan Bundaran (Level of Service).

Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan kinerja Bundaran Simpang Tol - Bandara Ngurah Rai Tuban, Bali dengan besaran nilai derajat kejenuhan (DS, Degree of Saturation) sebesar 0,676. Bundaran Simpang Tol - Bandara Ngurah Rai Tuban, Bali pada tahun 2016 termasuk pada tingkat pelayanan C yaitu: akibat dari pertambahan arus lalu lintas maka hambatan terus bertambah, sehingga menimbulkan tundaan atau kemacetan tetapi masih dalam batas-batas yang dapat diterima oleh pengendara.

Published
2017-03-31
How to Cite
Open Adnyana, P., Sumarda, G., & Astariani, N. K. (2017). ANALISIS KINERJA LALU LINTAS PADA BUNDARAN SIMPANG TOL - BANDARA NGURAH RAI TUBAN, BALI. Jurnal Teknik Gradien, 9(1), 157-162. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/141
Section
Articles
Abstract viewed = 223 times
downloaded = 382 times