RESOR AGROWISATA DI PELAGA

  • Ni Made Dwi Arini Alumni Prodi Teknik Arsitektur Universitas Ngurah Rai
  • Ngakan Putu Ngurah Nityasa Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • Ketut Witarka Yudiata Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: Resor Agrowisata, Pelaga, Agrobisnis

Abstract

Resor Agrowisata di Pelaga merupakan suatu tempat rekreasi yang sekaligus mewadahi pengembangan sektor agrobisnis di Pelaga yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Pelaga. Resor ini memiliki fasilitas lengkap yang akan menunjang kegiatan agrowisata yang ditunjang dengan akomodasi wisata. Sesuai dengan konsep dasar yang diterapkan pada resor adalah rekreatif, edukatif, dan ekologis menyesuaikan dengan kebutuhan rekreasi alam di sektor agrobisnis.

Fasilitas yang disediakan mencakup lahan agrowisata termasuk stand-stand pengolahan hasil pertaniannya, hotel dan villa, restoran, ruang serbaguna, outbond, camping ground, serta stand-stand cendramata yang memudahkan pengunjung untuk membeli oleh-oleh khas daerah. Tema rancangan yang dipilh adalah arsitektur neo venakular, karena berkaitan erat dengan faktor lokasi dan konsep dasar ekologis yang menekankan pelestarian alam. Resor Agrowisata di Pelaga berlokasi di Jalan Arjuna Banjar Bukian Desa Pelaga, Badung - Bali, direncanakan dengan luas lahan 5.85 ha.

Konsep dasar perancangan tapak, yaitu ekologis mengacu pada tapak dengan tetap mempertimbangkan mempertahankan lahan perkebunan yang sudah ada sebagai lahan kerjasama yang akan dikembangkan sebagai agrowisata. Selain itu perencanaan tapak juga dipengaruhi oleh iklim, view, topografi, vegetasi, dan jaringan utilitas yang ada. Dari segi konsep dasar rekreatif dan edukatif pola dan hubungan ruangan di disain dengan dinamis dan informatif. Utilitas site memanfaatkan kontur site dengan memaksimalkan utilitas sistem gravitasi. Tema rancangan yang diterapkan adalah tema Noevernakular dengan menambilkan ciri-ciri arsitektur Bali, seperti bentuk atap, pemakaian batu alam dan bata ekspose, serta penggunaan material local lainnya.

Published
2017-03-31
How to Cite
Dwi Arini, N. M., Nityasa, N. P., & Yudiata, K. (2017). RESOR AGROWISATA DI PELAGA. Jurnal Teknik Gradien, 9(1), 37-63. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/134
Section
Articles
Abstract viewed = 180 times
downloaded = 496 times