PUSAT KEBUGARAN DAN HIBURAN KELUARGA DI KABUPATEN BADUNG

  • Ngakan Putu Ngurah Nityasa Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • Agus Wiryadhi Saidi Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • I Putu Edy Putra Ariawan Alumni Prodi Teknik Arsitektur Universitas Ngurah Rai
Keywords: Pusat Kebugaran, Hiburan Keluarga, Green Architecture

Abstract

Pusat kebugaran merupakan suatu tempat untuk melakukan segala kegiatan yang berhubungan dengan olah tubuh, latihan maupun olahraga yang bertujuan untuk mendapatkan kebugaran dan kondisi badan yang sehat secara fisik dan dapat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahanyang berlebih. Rekreasi pada masa kini merupakan suatu kebutuhan penting bagi masyarakat, di tengah padatnya aktivitas untuk mengurangi tingkat stress sehingga dibutuhkan suatu tempat untuk menghibur diri. Hal tersebut mendasari perancangan Pusat Kebugaran dan Hiburan Keluarga di Kabupaten Badung yang bertujuan untuk mewadahi kegiatan yang berhubungan dengan olah tubuh, latihan maupun olahraga dan juga sebagai tempat untuk melakukan suatu kegiatan yang menyenangkan.

Pengumpulan data penulis menggunakan beberapa metode seperti : metode observasi, metode wawancara, studi literatur dan studi banding. Penerapan konsep "energik dan rekreatif" pada tempat ini bertujuan agar dapat membantu civitas dalam menikmati semua fasilitas di tempat ini dengan baik dan maksimal. Penerapan tema Green Architecture yang diterapkan pada rancangan  diantaranya terkait pencahayaan alami, penghawaan dan material yang digunakan seperti beton expose pada sebagian besar dinding bangunan ini dan tidak banyak menggunakan ornamen. Menggunakan warna yang membangkitkan semangat untuk berolahraga seperti warna merah, hijau dan biru dibeberapa bagian dinding dan lantai karpet.

Hal tersebut merupakan dasar dalam penyusunan program antara lain : program fungsional, program ruang dan program site. Setelah proses penyusunan program hasil akhir dari proses tersebut berupa konsep perencanaan dan perancangan Pusat Kebugaran dan Hiburan Keluarga di Kabupaten Badung. Fasilitas yang diwadahi meliputi : Gym, studio, karaoke, movie box, restoran, konsultasi kebugaran, retail, ruang bermain anak, kolam renang, spa, sauna dan gedung serbaguna.

Published
2018-03-30
How to Cite
Nityasa, N. P., Saidi, A., & Ariawan, I. P. E. (2018). PUSAT KEBUGARAN DAN HIBURAN KELUARGA DI KABUPATEN BADUNG. Jurnal Teknik Gradien, 10(1), 124-139. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/121
Section
Articles
Abstract viewed = 338 times
PUSAT KEBUGARAN DAN HIBURAN KELUARGA DI KABUPATEN BADUNG.pdf downloaded = 461 times