TIPOLOGI BANGUNAN SUCI PADMA DI PURA LUHUR ANDAKASA

  • IDA BAGUS IDEDHYANA Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: Arsitektur padma, Pura Andakasa, Tipologi padma

Abstract

Pura Luhur Andakasa memiliki status sebagai kahyangan jagat, terangkum secara filosofis sebagai padmabhuana, berkedudukan di selatan, warnanya merah, aksaranya “Bang”, sebagai stana Tuhan dalam perwujudan Beliau sebagai Dewa Brahma. Pura ini memiliki banyak tipologi padma, kaya dengan ragam hiasnya, semua padma dihiasi dengan Bedawang Nala (kura-kura raksasa berapi) pada bagian bawah padma. Bangunan suci padma satu dengan padma yang lain sangat mirip dalam penggunaan ragam hiasnya, sehingga sulit memaknai fungsinya.

Secara umum ada tiga tipologi padma, yaitu padma capah, padmasari dan padmasana. Padma capah memakai 2 tingkat (palih) tanpa Bedawang Nala. Padmasari memakai 3 tingkat (palih) dan 1 rong (ruang kosong pada puncak padma) tanpa Bedawang Nala. Padmasana memakai 5, 7, sampai 9 tingkat (palih), dengan menggunakan 1, 2, dan 3 rong, serta dilengkapi dengan Bedawang Nala. Dengan memakai Bedawang Nala pada seluruh padma pada pura ini, membuat setiap padma terlihat memiliki fungsi yang sama, oleh karena itu perlu dilihat jumlah tingkatnya, kelengkapan ragam hiasnya serta pedagingannya (upacara yadnya untuk memfungsikan bangunan).

Pada Pura Luhur Andakasa terdapat tiga tipologi padma, yaitu padma capah sebagai stana Hyang Anantabhoga, naga tertua yang berada di sapta petala (7 lapis di bawah bhurloka). Selanjutnya padma sari sebagai stana Hyang Tugu/Dewa Brahma. Terakhir adalah padmasana dengan 5 palih dan satu rong, sebagai stana Siwa Aditya. Terletak di sisi timur laut menghadap ke barat daya. Apabila dilhat tipologi berdasarkan lokasinya maka padmasana ini adalah padmasana saji.

Author Biography

IDA BAGUS IDEDHYANA, Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Published
2016-02-29
How to Cite
IDEDHYANA, I. B. (2016). TIPOLOGI BANGUNAN SUCI PADMA DI PURA LUHUR ANDAKASA. Jurnal Teknik Gradien, 8(1), 62-77. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/119
Section
Articles
Abstract viewed = 580 times
TIPOLOGI BANGUNAN SUCI PADMA DI PURA LUHUR ANDAKASA.pdf downloaded = 1703 times