ANALISIS KARAKTERISTIK DAN PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI

(Studi kasus : Kawasan Joger Shop Jalan Raya Kuta Kabupaten Badung)

  • Nurtalita Fazura Damayanti Prodi Manajemen Transportasi Jalan, Politeknik Transportasi Darat Bali, Indonesia
  • Dwi Wahyu Hidayat Prodi Manajemen Transportasi Jalan, Politeknik Transportasi Darat Bali, Indonesia
  • Tri Hayatining Pamungkas Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ngurah Rai

Abstract

Di jalan Raya Kuta banyak terjadi permasalahan terkait fasilitas pejalan kaki. Permasalahan tersebut menyebabkan konflik antara pejalan kaki dengan arus lalu lintas yang dapat menimbulkan hambatan bahkan kemacetan. Kondisi seperti ini akan mengurangi ruang berjalan dan tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki sehingga membuat pejalan kaki merasa kurang nyaman dan aman dalam melakukan aktivitasnya. membahayakan pejalan kaki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik serta tingkat pelayanan pejalan kaki di kawasan sekitar joger shop. Hasil analisis berdasarkan penelitian dilapangan, diperoleh hasil sebagai berikut : a) Pejalan kaki di trotoar timur tertinggi sebanyak 897 pejalan kaki  dan di trotoar barat sebanyak 180 pejalan kaki, b) Laju arus pejalan kaki > 33 orang/min/m, atau berupa daerah pasar atau terminal. Lebar efektif trotoar sebesar 1,504m disisi timur dan 1,501m disisi barat, c) Kecepatan gabungan rata-rata pejalan kaki (m/s) yaitu 1,10 m/s, d) Fasilitas penyeberangan dihitung dengan membandingkan volume peak hours perjalan kaki dengan volume kendaraan yang melintas pada jam yang sama sehingga desain fasilitas penyeberangannya ialah “Pelican crossing dengan lapak tunggu”.

Published
2024-04-29
How to Cite
Damayanti, N. F., Hidayat, D. W., & Pamungkas, T. H. (2024). ANALISIS KARAKTERISTIK DAN PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI. Jurnal Teknik Gradien, 16(01), 28-35. https://doi.org/10.47329/teknik_gradien.v16i01.1176
Abstract viewed = 233 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 119 times