OPTIMALISASI PEMANFAATAN JARINGAN IRIGASI DAERAH ALIRAN SALURAN UTAMA YANG DI ALIRI AIR TUKAD UNDA KABUPATEN KLUNGKUNG

  • I Wayan Pasir Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: Debit banjir andalan, Kebutuhan air, Kekurangan air

Abstract

Pertanian merupakan sektor penting dalam pembangunan perekonomian, mengingat fungsi dan perannya dalam penyediaan pangan bagi penduduk, pakan dan energi, serta tempat bergantungnya mata pencaharian penduduk di perdesaan. DAS Tukad Unda meliputi D.I Tebola Dauh Desa, D.I Yeh Masin, D.I Unda Kanan dan D.I Unda Kiri. Maksimalnya aliran air untuk persawahan masyarakat otomatis menambah produksi pangan masyarakat karena tanaman padi tumbuh dengan baik dan program pemerintah untuk swasembada pangan dapat terpenuhi.
Rumus-rumus dan teori yang ada digunakan pada penjelasan hal ini antara lain, debit banjir, intensitas lebih tajam dan buangan limbah tetangga-tetangga disamping itu juga untuk dinding penahan dan volume semua yang masuk ke sungai.
Data yang diperlukan di dalam penelitian ini adalah data primer di dapat secara langsung dilapangan sedangkan data sekunder di dapat dari beberapa instansi terkait.
Penetapan alternatif pola tata tanam terkait kebutuahan air irigasi, ditinjau berdasarkan nilai defisit yang terkecil neraca air selama setahunnya.

Published
2018-01-31
How to Cite
Pasir, I. W. (2018). OPTIMALISASI PEMANFAATAN JARINGAN IRIGASI DAERAH ALIRAN SALURAN UTAMA YANG DI ALIRI AIR TUKAD UNDA KABUPATEN KLUNGKUNG. Jurnal Teknik Gradien, 10(1), 45-61. Retrieved from https://ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/112
Section
Articles
Abstract viewed = 463 times
OPTIMALISASI PEMANFAATAN JARINGAN IRIGASI DAERAH ALIRAN SALURAN UTAMA YANG DI ALIRI AIR TUKAD UNDA KABUPATEN KLUNGKUNG.pdf downloaded = 397 times