ANALISIS PEKERJAAN RESERVOIR PADA PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (SPAM) DI DESA NUNLEU

  • I Gede Oka Wiradnyana Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ngurah Rai

Abstract

Masyarakat Desa Nunleu yang terletak di Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih. Pada Tahun 2020, pemerintah membantu kesulitan warga, melalui Program Pembangunan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Pengembangan SPAM ini meliputi pekerjaan jaringan pipa, bak penampung (reservoir), hidran umum, pemasangan pompa, dan pemasangan panel surya untuk sumber listrik pada pompa.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pekerjaan bak penampung (reservoir) dan menghitung nilai keamaan strukturnya terhadap tekanan dan gaya hidrostatis yang terjadi. Pengambilan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara dengan tenaga teknis proyek, dan literasi dari dokumen-dokumen pelaksanaan, seperti gambar-gambar dan spesifikasi teknis.

 

Hasil dari pengamatan dan pengolahan data menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pekerjaan reservoir terdapat beberapa proses yaitu pekerjaan pembersihan dan pemasangan bouwplank, galian dan urugan tanah, pasangan batu untuk pondasi, beton lantai kerja, beton bertulang untuk struktur lantai, dinding dan tutup reservoir, plesteran dan acian, pengecatan waterproofing, pemasangan pipa inlet, pipa outlet, pipa penguras dan overflow, tangga control, mainhole dan tutupnya. Analisis struktur menunjukkan bahwa tekanan dan gaya hidrostatis yang terjadi pada dinding dan lantai, dapat ditahan oleh baja tulangan yang terpasang, dimana gaya hidrostatis maksimum pada dinding (F= 100 kN) < gaya yang terjadi pada tulangan terpasang (Ts = 180 kN), serta luas tulangan akibat tekanan hidrostatis pada lantai (As perlu = 296,9 mm2) < luas tulangan yang terpasang (Ast = 753,6 mm2).

Published
2023-10-30
How to Cite
Wiradnyana, I. G. O. (2023). ANALISIS PEKERJAAN RESERVOIR PADA PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (SPAM) DI DESA NUNLEU. Jurnal Teknik Gradien, 15(02), 48-55. https://doi.org/10.47329/teknik_gradien.v15i02.1088
Abstract viewed = 150 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 74 times