PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK BAGI PELAKU UMKM DI PASAR TUNJUNG DESA PADANGSAMBIAN KELOD

  • I Gusti Ngurah Anom saraswati
  • I Kadek Gustana Putra saraswati
Keywords: Pandemi Covid 19, Pemasaran, Media Sosial

Abstract

Virus Covid-19 pertama kali muncul di tahun 2019. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan virus corona sebagai pandemi. Hal ini membuat pemerintah dan masyarakat dunia makin waspada dengan penyebaran virus corona. Pandemi Covid 19 berdampak pada hampir semua sektor kehidupan, tak terkecuali aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid 19 memiliki berbagai masalah seperti penurunan omset penjualan dan permodalan. Oleh karena  itu Pelaku UMKM  perlu segera menyesuaikan cara bisnisnya dengan menggunakan cara yang sesuai dengan situasi kondisi saat ini. Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran online untuk meningkatkan omset penjualan produk di masa pandemi Covid 19 . Saat ini media sosial  sudah sangat mudah diakses oleh siapapun di seluruh dunia, termasuk para Pelaku UMKM yang menggunakan media sosial sebagai sarana pemberi dan berbagi informasi tentang produk yang ditawarkan kepada konsumen secara online. Tetapi hal ini tidak di dukung dengan kemampuan pelaku UMKM yang cenderung rendah dalam menggunakan teknologi. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan mengenai media sosial sebagai sarana penjualan/pemasaran produk yang efektif dan efisien di masa pandemi Covid 19 saat ini. Selain itu juga pemanfaatan sosial media akan memberikan prospek yang baik untuk meningkatkan omset penjualan produk UMKM yang mengalami dampak pandemi Covid 19.

Published
2022-06-30
Abstract viewed = 20 times
downloaded = 16 times