PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI PEMBELAJARAN DARING DI BANJAR PERANGSADA, DESA PERING
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia mengakibatkan merosotnya berbagai aspek kehidupan. Salah satu aspek yang sangat berpengaruh pada pemerosotan ini adalah aspek pendidikan. Dimana pendidikan di Indonesia tidak bisa dilakukan secara tatap mata lagi karena ketakutan pemerintah dan masyarakat dengan lebih menyebarnya virus Covid-19. Untuk itu pemerintah memberikan kebijakan kepada seluruh sekolah di Indonesia untuk melakukan pembelajaran secara daring (online) dengan memanfaatkan fitur aplikasi pembelajaran online. Namun tidak semua masyarakat tahu dan memiliki teknologi yang akan digunakan dalam pembelajaran daring yang dicetuskan oleh masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal ini disebabkan oleh minimnya pengetahuan masyarakat terkait dengan teknologi karena penyebaran teknologi dan pendidikan yang tidak merata di Indonesia. Selain itu, dengan dilakukannya pembelajaran daring yang memang sudah berjalan hampir satu tahun belakangan ini, anak-anak yang terlibat dalam pembelajaran daring tidak bisa bersungguh-sungguh untuk melakukan pembelajaran, orang tua siswa masih minim tentang pengetahuan aplikasi belajar online, hingga pekerjaan rumah anak-anak dikerjakan oleh orang tuanya. Untuk itu solusi untuk menangani permasalahan yang terjadi dapat dilaksanakan melalui program kerja pengabdian masyarakat yang meliputi edukasi tentang pengaplikasian fitur pembelajaran daring (online), pengadaan modul materi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak, serta pemberian permainan (games) yang membuat anak-anak tidak mudah bosan tanpa melupakan hal sangat penting yaitu tetap menerapkan pendidikan pada permainan tersebut dengan memberikan kuis disetiap sesi permainan. Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring (online) yang dilakukan oleh anak-anak serta membantu orang tua untuk mengerti dengan jalannya pembelajaran daring dengan pengaplikasian fitur media pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi, pelatihan, dan praktek yang diselenggarakan secara luring. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa mitra terkait di Banjar Perangsada, Desa Pering mampu memahami secara mendalam tentang cara pengaplikasian fitur media pembelajaran daring (online) serta mampu memahami materi yang sudah disiapkan sedemikian rupa, meningkatnya interaksi anak-anak sebaya
Copyright (c) 2021 Ni Komang Sutrisni, A.A. KT. Sudiana, Putu Tania Dewi Yanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
-
The right to publication of all journal material published on the AKSES journal website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
-
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal of AKSES reserves the right to store, modify the format, administer in the database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
-
Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research, and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.